Desain Ruang TV yang Nyaman dengan 7 Cara Tepat Penataan yang Sering Di Lupakan

Desainrumahpedia.com -- Memiliki ruang santai bersama keluarga dapat disiasati dengan menghadirkan desain ruang TV di rumah. Desain ruang TV sebagai sarana berkumpul dengan keluarga dan sarana rekreasi paling sederhana, merupakan hal yang praktis untuk dilakukan. Pada konsep rumah minimalis dengan keterbatasan lahan, desain ruang TV dapat menjadi multifungsi sebagai ruang keluarga atau menyatu dengan ruang tamu. Banyak pemikiran yang mengatakan bahwa, ruang TV juga merupakan ruang keluarga. Hanya dengan meletakkan TV pada desain ruang keluarga, sudah dapat dikatakan sebagai ruang keluarga yang komplit. Namun sebenarnya, terdapat standar dan aturan yang sering dilupakan dalam menata desain ruang TV. Standar inilah yang menjadi kunci terciptanya ruang TV dengan desain yang lebih baik.

Untuk itu, Desainrumahpedia.com akan menghadirkan ulasan yang akan memberikan penjelasan terkait Desain Ruang TV yang Nyaman dengan 7 Cara Tepat Penataan yang Sering Di Lupakan. Langsung saja mari kita simak ulasan lengkap berikut!


Pemilihan TV Berkualitas Baik dengan Ukuran yang Tepat

Instagram@dhouse_dzds

Pemilihan TV harus disesuaikan dengan penempatan ruang yang akan digunakan sebagai ruang TV di rumah. Pada dasarkan TV diukur secara diagonal, biasanya layar 42 inci berukuran 42 inci dari satu sudut ke sudut yang berlawanan. Hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah resolusi TV. Resolusi TV diperhitungkan untuk menentukan tinggi resolusinya, semakin tinggi resolusinya semakin kecil kerapatan piksel dalam suatu gambar yang ditampilkan pada TV. Ukuran TV juga menjadi faktor penting untuk mempertimbangkan jarak pandang pada saat menontonnya nanti, agar lebih nyaman dan lebih proporsional. Untuk itu perlu adanya pemahaman terkait ukuran TV yang harus disesuaikan dengan ruangan yang akan digunakan dan dengan pemilihan TV dengan kualitas yang terbaik.


Perhatikan Jarak TV dengan Jarak Pandang (Sofa atau Tempat Penonton)

Instagram@meular67g

Faktor yang kedua yang harus diperhatikan adalah cara penataan antara TV dengan jarak pandang. Desain ruang TV harus dibuat senyaman mungkin dengan memikirkan jarak pandang seperti sofa atau tempat duduk. Jarak ini harus diperhitungkan untuk menentukan kenyamanan pada saat menonton. Jarak yang terlalu jauh atau terlalu dekat sama-sama tidak memberikan kenyaman dengan efek yang berbeda. Jika terlalu jauh tidak akan nyaman karena gambar akan terlihat lebih kecil dan suara juga kurang terdengar. Dan jika terlalu dekat, akan membuat mata lebih cepat lelah bahkan dapat mengganggu kesehatan mata. 

Umumnya menonton TV duduk sekitar 2,7 meter dari layar. Namun, mengukur jarak TV dengan jarak pandang pada desain ruang TV dapat ditentukan dengan menggunakan standar penghitungan yaitu ukuran TV sama dengan 3x jarak pandang. Seperti conton yang dapat digunakan apabila TV yang digunakan berukuran 40 inci, maka jarak pandang yang ideal adalah 120 inci atau sekitar tiga meter untuk mendapatkan kenyamanan menonton yang tepat dan lebih pas.


Meletakkan TV dengan Ketinggian yang Tepat

@rumahputihkecil

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah dengan menentukan ketinggian TV yang pas dan lebih tepat dalam desain ruang TV yang nyaman. Nyatanya bukan hanya jarak pandang saja yang harus diperhatikan, karena ketinggian peletakkan TV juga dapat menjadi penentu untuk membuat ruang TV menjadi lebih nyaman untuk digunakan. Untuk ketinggian peletakkan TV pada desain ruang TV umumnya memiliki kisaran 100-110 cm dari lantai ruangan. Namun kembali lagi, hal ini juga harus disesuaikan dengan tinggi dari seluruh anggota keluarga yang menempati rumah tersebut, juga ketinggian sofa ruang TV dan lebar TV yang digunakan.

Apabila ukuran TV relatif besar, maka ketinggiannya dapat dikurangi hingga 70 cm saja. Untuk menentukan peletakkan sudah pas atau belum, anda dapat mencoba menonton dengan ketinggian yang telah ditentukan dengan posisi yang lebih santai dan pandangan lurus. Hal ini dapat membantu anda untuk membenahi aku menentukan ketinggian yang tepat untuk peletakkan TV dalam ruangan.


Sesuaikan Luas Ruangan dengan Penataan Sofa

Instagram@shofia1823

Menetukan desain ruang TV yang nyaman juga harus diperhitungkan berdasarkan luas atau lebar ruangan. Hal ini juga diperhitungkan dengan penataan sofa ruang TV. Pemilihan sofa harus disesuaikan dengan ukuran TV agar setiap orang dapat menikmati desain ruang TV yang nyaman. Untuk itu, solusi yang dapat dilakukan adalah dengan memilih penggunaan teknologi curved TV pada desain ruang TV. Hal ini dilakukan agar pemakaian sofa panjang dapat terbantu dengan teknologi curved TV yang membantu setiap posisi sudut pandang agar mampu mendapatkan kualitas gambar yang baik. Anda akan mendaptkan waktu menonton TV yang lebih nyaman.


Ruang TV Multifungsi sebagai Ruang Keluarga

Instagram@rkayunita

Penggunaan ruang TV pada dasarnya juga dijadikan sebagai ruangan yang dapat menampung seluruh anggota keluarga untuk berkumpul bersama. Dapat dikatakan sebagai ruang rekreasi karena menjadi hiburan tersendiri untuk seluruh anggota keluarga. Untuk itu, desain ruang TV juga dapat diramaikan fungsinya sebagai ruang keluarga. Cara penataannya lebih ditekankan pada penambahan tempat duduk dengan ornamen-ornamen santai, seperti karpet bulu, sofa tambahan, bean bag, tempat santi unik dan lain sebagainya. Selain itu, anda juga dapat menambahkan meja kecil sebagai tempat untuk menaruh makanan dan minuman ringan. Dengan penambahan fungsi pada ruang TV ini, dapat menjamin anggota keluarga akan lebih terbiasa untuk berkumpul di ruangan ini setiap saat.


Penempatan Ruang TV pada Space Kosong dengan Pencahayaan Alami

Instagram@thenugrohouse

Penempatan desain ruang TV yang memanfaatkan space kosong pada rumah ini terlihat sangat membantu penggunaan seluruh ruangan di dalam rumah dengan semaksimal mungkin. Desain ruang TV dapat anda letakkan pada space yang jarang digunakan seperti pada ruang bawah tangga. Daripada digunakan sebagai gudang, dapat anda desain dengan lebih rapi sebagai ruang TV yang sekaligus dapat membantu mempercantik tampilan rumah. Selain itu, walaupun menempatkan pada space yang jarang digunakan. Ada baiknya tetap memperhatikan arah cahaya yang datang. Anda dapat memasang jendela kaca pada ruang TV untuk membantu ruangan mendapatkan pencahayaan yang alami. Selain itu, adanya jendela juga dapat membantu udara dapat berganti dengan lancar.


Percantik dengan Dekorasi Pelengkap

Instagram@thishouse5000

Tahap akhir yang harus diperhatikan adalah dengan penggunaan dekorasi pada desain ruang TV yang nyaman. Mulai dari penggunaan lantai, anda dapat menggunakan lantai kayu, vynil atau parket. Penggunaan lantai kayu ini dapat memberikan kesan yang lebih menghangatkan dalam suatu ruangan. Selain lantai, anda juga dapat mendekorasi dinding dengan penggunaan finishing berupa wall covering. Pemilihan wall covering juga harus disesuaikan dengan tema ruang TV yang ingin didapatkan. Jika mengambil konsep vintage, pemilihan model kayu atau batu bata dapat menjadi pilihan yang tepat. Penambahan karpet lucu juga dapat dijadikan sebagai dekorasi cantik. Selain itu, penggunaan material natural seperti kayu dan kain juga dapat membantu menjaga kualitas audio pada ruang TV.



Nyatanya menciptakan desain ruang TV yang baik memerlukan pemikiran yang begitu matang bukan? Mulai dari desain penataan hingga pemilihan perabotan pelengkap, juga memegang peran penting untuk memaksimalkan desain ruang TV yang tepat. Ulasan diatas terkait Desain Ruang TV yang Nyaman dengan 7 Cara Tepat Penataan yang Sering Di Lupakan, sangat penting untuk anda pahami agar desain ruang TV di rumah anda dapat lebih sempurna. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi bagi anda.

Jika anda menginginkan lebih banyak inspirasi terkait desain rumah minimalis, dapat anda kunjungi dan ikuti facebook Inspirasi Desain Rumah Shabby Minimalis. Tinggalkan komen jika anda menginginkan desain khusus yang anda perlukan. Tetap semangat dan jaga kesehatan selalu :)

Baca juga :

6 Konsep Ruang TV Minimalis Terbaru yang Bisa Anda Contoh

Desainrumahpedia.com -- Ruang TV menjadi salah satu ruangan yang paling nyaman didalam rumah. Ruang TV dapat digunakan sebagai ruang keluarga, bersantai dan menghabiskan waktu seharian dengan menonton. Asiknya berkumpul dengan keluarga sembari menonton acara TV harus, membutuhkan tempat yang nyaman...

6 Inspirasi Ruang TV Lesehan, Lebih Nyaman dengan Desain Modern

 Desainrumahpedia.com -- Kegiatan menonton TV adalah momen bersantai atau sekedar menikmati waktu luang ketika berada dirumah. Sehingga alangkah baiknya anda mendesain ruang keluarga senyaman mungkin agar anda merasa betah berkumpul bersama keluarga.Banyak hal yang bisa anda lakukan di ruang TV...

6 Desain Ruang TV dengan Suasana Hangat, Jadikan Ruang Keluarga yang Nyaman

Desainrumahpedia.com -- Menciptakan kehangatan didalam suatu keluarga menjadi suatu hal penting yang harus benar-benar diperhatikan. Memberikan ruang untuk saling bercerita, saling mencurahkan suasana hati dan pikiran. Untuk itu, suatu hunian diharapkan memberikan ruang kosong yang dapat dijadikan sebagai...

Penulis      : Arysca
Editor        : Munawaroh
Sumber     : Berbagai sumber


Website Desainrumahpedia.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Desainrumahpedia.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Desainrumahpedia.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.