Fungsikan Bagian Atas Teras Rumah sebagai Tempat yang Nyaman dan Indah

Desainrumahpedia.com -- Mempercantik tampilan rumah dengan berbagai desain dan dekorasi yang cantik dan unik seringkali menjadi hal yang paling membingungkan. Banyak hal yang ingin dilakukan namun terkadang melupakan detail-detail yang harus diperhitungkan. Tampilan rumah yang terlihat dari depan, menjadi titik fokus utama yang pertama kali dilihat oleh kebanyakan orang. Untuk itu, dengan mempercantik tampilan teras baik bagian bawah maupun atas adalah kewajiban bagi setiap penghuni rumah. Memiliki teras dengan keadaan atas yang kosong ada baiknya dipergunakan sebagai tempat yang lebih berfungsi. Seperti misalnya pembuatan tempat bersantai yang nyaman dan asri pada bagian atas teras rumah.

Kali ini, Desainrumahpedia.com terispirasi rumah miliki @imaasyida yang memfungsikan bagian atas teras rumah sebagai tempat yang nyaman untuk bersantai bersama keluarga, dalam ulasan Fungsikan Bagian Atas Teras Rumah sebagai Tempat yang Nyaman dan Indah. Mari kita simak bersama!


Tentukan Ukuran Bagian Atas Teras Rumah


Tentukan terlebih dahulu bagian atas teras rumah anda. Seberapa luasnya bagian atas teras rumah dapat menentukan ketepatan yang cocok untuk desain yang diinginkan. Ukuran bagian atas biasanya sama dengan bagian bawah terasnya. Ukuran dilihat dari panjang lebar bagian atas yang akan dibangun. Dapat dengan menggunakan ukuran 2x3, 3x4 atau sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Selain itu, ukuran bagian bawah juga diperlukan agar tidak melebihi dan mempersempit bagian yang lain. Jika tidak dapat mengukur sendiri, ada baiknya meminta tolong pada bapak tukang bangunan agar ukurannya lebih tepat.


Tentukan Material Bahan yang Akan Digunakan


Tahap selanjutnya adalah dengan menentukan material bahan apa yang akan digunakan. Hal ini dapat anda konsultasikan kepada orang-orang yang lebih berpengalaman, seperti tukang bangunan, arsitek, suami atau orang-orang lain yang lebih paham. Usahakan memilih material bahan yang kuat, yang tidak mudah raput, tidak mudah berkarat dan pastinya dengan tekstur bahan yang mudah dibersihkan dan mudah perawatannya. Bahan-bahan bangunan yang cocok sebagai bagian atas teras rumah ini dapat anda konsultasikan juga kepada penjual bahan bangunan. 


Gunakan Konsep Seperti Mezzanine untuk Tampilan yang Lebih Baik


Pada rumah modern sudah tidak asing lagi dengan istilah mezzanine. Mezzanine dapat dikatakan sebagai sebuah balkon didalam ruangan, atau merupakan lantai tambahan dalam ruang. Mezzanine merupakaan ruang terbuka yang biasanya digunakan pada rumah-rumah yang memiliki keterbatasan lahan. Untuk itu, bagian atas teras rumah ini dapat dibuat seperti mezzanine terbuka namun berapa pada depan rumah. Mezzanine terbuka seringkali memang dijadikan pilihan untuk menambahkan sebuah ruang untuk rumah minimalis modern. Nah, untuk desain bagian atas teras rumah ini, mezzanine akan digunakan sebagai tempat bersantai bagi keluarga. Karena mezzanine semakin populer dikalangan masyarakat, tidak ada salahnya mencontoh desainnya untuk digunakan dalam mempercantik tampilan rumah.


Mulai Tentukan Desain Mulai dari Tangga 



Desain yang cantik dan lebih memukau untuk bagian tangga juga harus benar-benar diperhitungkan. Karena tempat ini ada pada bagian depan rumah, sehingga desain harus benar-benar diperhatikan mulai dari bagian tangga menuju keatas. Disini anda dapat menggunakan hiasan rumput pada setiap anak tangga yang digunakan sebagai pijakan. Rumput hias ini digunakan sebagai pijakan agar lebih nyaman dan aman. Ukuran rumput yang terpasang juga harus disesuaikan dengan ukuran anak tangga. Untuk itu, rumput hias harus dipotong sesuai dengan ukuran.


Desain Bagian Atas dengan Dekorasi yang Diinginkan


Desain bagian atas dapat anda sesuaikan dengan tema yang anda diinginkan. Jika anda mengingkan suasana yang lebih hijau, anda dapat menggunakan karpet hijau atau rumput hias yang memenuhi seluruh tempat. Selain itu, tentukan barang apa saja yang diinginkan untuk mengisi tempat ini. Sebaiknya pilihlah barang yang tidak mudah rusak apabila terkena hujan atau bahkan panas sekalipun. Hal ini dilakukan karena bagian atas tidak terdapat penutup alias tanpa atap, sehingga lebih terbuka dan terpapar oleh sinar matahari maupun hujan. Anda dapat menempatkan beberapa tanaman hijau dan satu set kursi. Selain itu, pilih material lantai yang nyaman seperti lantai kayu ini.


Siap Menggunakan sebagai Tempat Santai Bersama Keluarga


Jika anda sudah menyiapkan dekorasi dan desain bagian atas, saatnya anda menikmatinya sebagai tempat bersantai bersama keluarga. Dengan menambahkan payung duduk dapat membuat tempat ini menjadi lebih rindah dan tidak terlalu panas. Bagian atas teras rumah dapat menjadi focus point pada rumah anda karena anti mainstream dan belum terlalu banyak peminatnya. Jangan lupa beri pagar pada bagian pinggir agar lebih aman untuk anak-anak. Siap menempati dan bersantai bersama keluarga dengan nyaman bukan?



Nah itulah ulasan terkait Fungsikan Bagian Atas Teras Rumah sebagai Tempat yang Nyaman dan Indah yang terinspirasi dari @imaasyida. Nyatanya dengan menambahkan bagian atas membuat tampilan rumah menjadi jauh lebih menarik bukan. Tidak perlu menambah tempat, namun hanya memanfaatkan bagian kosong dari rumah yang sering diabaikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi bagi anda.

Jika anda menginginkan lebih banyak inspirasi terkait desain rumah minimalis, dapat anda kunjungi dan ikuti facebook Inspirasi Desain Rumah Shabby Minimalis. Tinggalkan komen jika anda menginginkan desain khusus yang anda perlukan. Tetap semangat dan jaga kesehatan selalu :)







Penulis      : Arysca
Editor        : Munawaroh
Sumber     : Berbagai sumber


Website Desainrumahpedia.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Desainrumahpedia.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Desainrumahpedia.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.