Inspirasi Cara Menata Teras Lebih Asri dengan Taman Hijau Segarkan Mata

Desainrumahpedia.com -- Desain teras rumah harus mendapatkan perhatian lebih agar mendapatkan hasil seperti yang diinginkan. Mulai dari penataan teras, dekorasi yang akan dijadikan penghias teras, serta konsep teras yang diinginkan. Beragamnya desain teras yang ada dapat menjadikan teras menjadi lebih cantik dan menarik. Penataan yang rapi, tidak sempit dan terlihat lebih leluasa walaupun dengan banyaknya tanaman maupun dekorasi yang digunakan, menjadi hal yang paling diinginkan oleh kebanyakan orang. Untuk itu, diperlukan pemahaman untuk menata teras yang asri dengan berbagai tanaman namun tetap terlihat luas dan lebih nyaman untuk dijadikan tempat bersantai.

Disini, Desainrumahpedia.com akan memberikan beberapa Inspirasi Cara Menata Teras Lebih Asri dengan Taman Hijau Segarkan Mata. Mari kita simak bersama!


Focus Point pada Satu Sisi Bagian Teras

Instagram@rumah_ve

Penataan teras agar terlihat lebih luas pada dasarnya dapat dijadikan dalam satu titik sebagai focus point. Seperti pada penataan teras yang asri satu ini. Memiliki teras dengan bentuk persegi panjang memungkinkan penggunaan teras dijadikan satu sebagai focus point. Nah disini anda dapat menyiapkan berbagai dekorasi mulai dari kursi teras bermaterial kayu, meja anyamana, keranjang anyaman, pot anyaman serta dekorasi dinding yang lebih artistik. Anda dapat memberikan konsep teras yang estetik dengan dekorasi bermaterial kayu dan motif batik pada lantai yang digunakan. Tak lupa dengan penataan tanaman pada teras. Ada baiknya menata tanaman dalam pot yang diseragamkan. Penambahan rak tanaman juga sangat disarankan agar tanaman dapat tertata lebih rapi. Walaupun diletakkan pada satu bagian, ada baiknya tetap memperhitungkan bagian lain dengan meletakkan tanaman dalam pot yang tertata pada beberapa sudut saja. Hal ini dikeranakan agar keasrian teras dapat terjadi pada keseluruhan bagian.


Dominasi Jenis Tanaman Hijau pada Taman

Instagram@regapealinarni

Menciptakan taman yang asri dan menyegarkan mata dapat diperoleh dari penataan tanaman hijau yang mendominasi seluruh taman. Sama halnya dengan taman teras yang satu ini. Terlihat tanaman hijau memenuhi teras hingga taman rumah. Tanaman hijau yang digunakan mulai dari rumput hias yang dijadikan sebagai alas taman hingga tanaman hijau lain. Walaupun taman ini merupakan kategori taman basah, anda tetap dapat menempatkan tanaman dalam pot untuk membuat taman menjadi lebih rapi. Anda juga dapat menghias teras dengan tanaman gantung yang merambah. Rambatan inilah yang mampu membuat teras menjadi begitu asri. Teras anda juga akan terlihat lebih memukau dengan dengan dekorasi yang unik seperti kursi unik dari anyaman, lantai dari karpet rumput hias, dan tanaman dalam pot yang tertata rapi diatas rak tanaman. 


Konsep Tradisional Cocok untuk Desain Teras yang Luas

Instagram@dekorasiterasrumah

Konsep tradisional pada teras rumah ini terlihat begitu luas khas teras rumah tradisional di pedesaan. Teras rumah dengan konsep tradisional ini mengedepankan ciri khas teras pedesaan yang memakai dinding batu bata, lantai semen cor dan bangku kayu khas pedesaan. Konsep teras tradisional selalu menghadirkan space yang lebih luas karena penataan tanaman difokuskan pada bagian dekat dinding rumah. Tanaman di tata rapi dengan lurus, entah tanaman dalam pot maupun tanaman pada rak tanaman. Bagian tengah teras biasanya memang dibiarkan kosong agar dapat memberikan akses yang lebih luas pada saat berkegiatan, seperti akses berjalan dan membersihkan serta perawatan teras dan tanamannya.


Perbanyak Penggunaan Rak Tanaman

Instagram@ind285

Teras rumah dengan banyaknya tanaman dapat disiasati dengan peletakkan rak tanaman. Rak tanaman ini dapat anda perbanyak untuk meletakkan tanaman dalam pot yang menghiasi teras. Terlebih tanaman teras yang banyak, agar tidak terlihat mempersempit teras, pilihan penggunaan rak tanaman ini merupakan pilihan yang sangat tepat untuk menjadikan teras terlihat lebih leluasa sebagai akses keluar masuk teras. Penataan teras yang asri dengan tanaman dalam pot yang tertata rapi diatas teras ini juga memberikan space yang dapat digunakan sebagai tempat bersantai dengan penggunaan kursi teras.


Perindah dengan Tanaman Gantung

Instagram@so_sweety966

Jangan lupa anda juga harus memperindah tampilan teras dengan adanya tanaman gantung. Tanaman gantung ini menjadi pilihan yang baik untuk membuat teras menjadi lebih asri dari bagian manapun. Adanya tanaman gantung juga dapat memberikan space yang lebih luas untuk teras sehingga teras dapat digunakan sebagai tempat bersantai dengan menempatkan kursi dan meja teras. Tanaman gantung begitu beragam, hanya sesuaikan saja dengan model yang serasi dengan konsep teras yang anda inginkan. Teras yang satu ini bergitu asri, terlebih didukung dengan cat dinding teras yang berwarna biru sehingga suasana teras terlihat lebih menyejukkan.


Tambahkan Perabotan Santai untuk Kenyamanan dan Ketertarikan

Instagram@rumahputihkecil

Yang tak kalah penting adalah, hadirkan perobatan yang dapat dijadikan sebagai tempat santai yang nyaman. Salah satunya adalah dengan menghadirkan kursi anyunan ini. Kursi anyunan selain nyaman juga dapat dijadikan sebagai dekorasi percantik teras. Kursi anyunan ini memberikan kenyaman serta ketertarikan tersendiri pada teras rumah. Selain itu, taman teras ini juga begitu asri dengan penataan tanaman pada satu bagian didekat anyunan. Adanya anyunan ini juga membuat anda tidak perlu lagi menyiapkan kursi dan meja teras.



Itulah beberapa Inspirasi Cara Menata Teras Lebih Asri dengan Taman Hijau Segarkan Mata, yang dapat anda tiru untuk desain teras rumah anda. Cara penataan diatas akan membuat tampilan teras anda menjadi lebih rapi dan leluasa. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi bagi anda.

Jika anda menginginkan lebih banyak inspirasi terkait desain rumah minimalis, dapat anda kunjungi dan ikuti facebook Inspirasi Desain Rumah Shabby Minimalis. Tinggalkan komen jika anda menginginkan desain khusus yang anda perlukan. Tetap semangat dan jaga kesehatan selalu :)






Penulis      : Arysca
Editor        : Munawaroh
Sumber     : Berbagai sumber


Website Desainrumahpedia.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Desainrumahpedia.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Desainrumahpedia.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.