7 Tips menata Ruangan Dapur Kecil Agar Terasa Luas dan Lebih Homey

 

7 Tips menata Ruangan Dapur Kecil Agar Terasa Luas dan Lebih Homey 

Desainrumahpedia.com -- Dapur merupakan salah satu area rumah yang sering kali kita kunjungi. Entah untuk memasak, sekedar menyimpan atau mengambil makanan dan minuman. Mempunyai desain dapur yang cantik dan nyaman tentu membuat kita juga senang melihatnya apalagi beraktifitas di dalamnya. 

Bagi anda yang memiliki area dapur dengan lahan terbatas, jangan khawatir karena ada banyak cara untuk membuat dapur yang kecil tetapi tetap nyaman. "7 Tips menata Ruangan Dapur Kecil Agar Terasa Luas dan Lebih Homey" ini dapat anda jadikann referensi membuat dapur impian. Langsung saja, mari kita simak pembahasan berikut ini



Layout Dapur dan Ruang Makan Open Space

@casabelart

Memiliki lahan yang minimalis dan tidak terlalu luas merupakan tantangan tersendiri dalam proses mendesain tiap ruangannya. Salah satu cara untuk mendapatkan kesan luas pada rumah minimalis adalah mengurangi penggunaan sekat antar ruang. Teknik ini dapat anda terapkan di ruang dapur anda. Buatlah area dapur dan ruang makan menjadi satu tanpa menggunakan pembatas ruangan seperti pada gambar di atas. 



Dapur Semi Outdoor

@casamaiscasa

Jika anda tidak mempunyai ruang yang cukup di dalam rumah dan memiliki lahan tidak terpakai di luar rumah, anda bisa mencoba tips desain dapur berikut ini. Anda bisa mengubah lahan tidak terpakai tersebut menjadi dapur dengan konsep semi-outdoor. Selain dapat memanfaatkan lahan dengan baik, dapur dengan konsep ini memiliki sirkulasi udara yang sangat bagus.



Mini Bar dengan Rak Serbaguna

@desaininterior_id

Tertarik dengan konsep dapur minimalis modern dengan tambahan mini bar? Anda juga bisa menerapkan konsep berikut untuk dapur minimalis anda. Sebagai tips, anda bisa menambahkan rak penyimpanan di meja mini tersebut, sehingga ruang penyimpanan anda menjadi lebih maksimal. Selain itu mini bar ini juga dapat anda jadikan sebagai pengganti meja makan.



Layout Dapur yang Tepat

@katharinavontrzcinski


Tips selanjutnya adalah anda harus memperhatikan dengan seksama dalam pemilihan layout dapur anda. Tentunya dengan memperhatikan bentuk dan luas lahan yang akan digunakan. Anda tetap bisa mendapatkan dapur dengan fungsi yang maksimal meski dengan lahan terbatas. Contohnya anda bisa menerapkan konsep U-shape seperti pada gambar referensi di atas. Selain sebagai kabinet penyimpanan, kitchen set tersebut juga dapat digunakan sebagai meja makan.



Memilih Warna dan Interior yang Tepat

@kreakita.homedecor

Dengan lahan yang minimalis, selain memperhatikan bagian eksterior, anda juga harus memperhatikan interior dapur yang akan digunakan. Untuk ruangan yang tidak terlalu luas, sebaiknya anda menggunakan warna putih untuk memberikan kesan ruangan yang lebih luas. Lalu pilihlah berbagai perabot dan furniture yang minimalis dan fungsional.



Ruang Penyimpanan Maksimal Dengan Desain Minimalis

@rumah_enzo

Tips selanjutnya adalah menggunakan ruang yang tersedia menjadi tempat penyimpanan secara maksimal. Anda bisa membuat kitchen set lengkap dengan tambahan kabinet penyimpanan yang menempel di dinding bagian atas dapur seperti pada gambar di atas. Tambahkan juga ambalan kayu yang ditempel di dinding sebagai rak penyimpanan tambahan. Dengan ini dapur anda akan terlihat lebih rapi meski memiliki banyak barang.



Layout One-wall Dapur Minimalis 

@rumah_naynae

Tips terakhir bagi anda yang memiliki luas lahan terbatas, cobalah layout one-wall berikut ini. Pada layout ini, kitchen set dan kabinet penyimpanan di tata lurus untuk membuat ruangan lebih lega seperti lorong pada gambar di atas. Konsep ini sangat cocok untuk diterapkan pada rumah minimalis. 



Itulah "7 Tips menata Ruangan Dapur Kecil Agar Terasa Luas dan Lebih Homey" yang bisa anda jadikan referensi dalam membuat ruang dapur yang sesuai dengan bentuk rumah anda. Tertarik mencobanya? Tunggu berbagai informasi dan artikel menarik lainnya dari kami ya!



Bagi Anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Inspirasi Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.


Penulis    : Rieka

Editor      : Munawaroh

Sumber      : Berbagai sumber


Website Desainrumahpedia.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Desainrumahpedia.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Desainrumahpedia.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.