7 Layout Dapur yang Tepat Untuk Rumah Anda

 

7 Layout Dapur yang Tepat Untuk Rumah Anda 

Desainrumahpedia.com -- Dapur merupakan salah satu bagian yang paling sering kita kunjungi di rumah, entah untuk memasak, mengambil atau menyimpan makanan, atau sekedar mengambil dan membuat minuman. Dapur yang bersih dan nyaman akan membuat kita senang melakukan aktivitas disana. Tentunya dengan dapur yang nyaman tersebut, bisa menambah semangat kita dalam memasak. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk mendesain ruang dapur juga. "7 Layout Dapur yang Tepat Untuk Rumah Anda" ini kami hadirkan secara khusus agar dapat menjadi inspirasi membuat dapur impian anda. Kira-kira desain mana yang menarik perhatian anda? Mari simak pembahasannya



Desain Dapur Dengan Layout L-shape

@citrawijayakencana

Desain pertama yang akan kita bahas adalah desain dapur dengan layout L-shape. Sama seperti namanya, layout L-shape ini didesain dengan bentuk mirip huruf L. Desain seperti ini biasanya dibuat dengan tujuan untuk memaksimalkan sudut ruangan. Selain itu dengan desainnya yang berbentuk L seperti di atas, akan memudahkan lalu lintas dapur kita karena barang-barang di tata rapi dan saling berdekatan tetapi tidak menghalangi jalan. Kelebihan lainnya, dapur dengan layout seperti ini cocok untuk segala tipe lahan baik yang luas hingga yang minimalis.

 


Desain Dapur dan Ruang Makan Open Space

@dhian_setyarini

Desain selanjutnya ini sangat cocok bagi anda yang mempunyai rumah minimalis. Desain dapur dan ruang makan yang menjadi satu tanpa menggunakan penyekat ruangan ini sangat membantu anda menghemat lahan dan juga membuat ruangan terasa lebih luas. Selain itu layout dapur seperti akan mempermudah anda untuk langsung menyajikan makanan yang baru matang di meja makan yang dekat dengan dapur seperti pada gambar di atas.



Layout Dapur U-Shape

@katharinavontrzcinski

Layout U-shape merupakan salah satu layout yang juga cukup populer. Layout yang didesain berbentuk huruf U ini merupakan pengembangan dari layout L-shape. Desain dapur U-shape membantu anda memiliki lebih banyak ruang penyimpanan. Meski memiliki lebih banyak ruang penyimpanan, layout dapur U-shape ini tidak akan membatasi ruang gerak anda, anda tetap dapat memasak dengan leluasa, bisa juga untuk memasak bersama dengan keluarga. 



Kitchen Island yang Modern

@kreakita.homedecor

Dari namanya, kitchen island ini merupakan desain kitchen set yang berbentuk seperti island (pulau). Kitchen island ini biasanya berupa kabinet yang dibuat menjadi meja dapur lalu diletakkan ditengah-tengah dapur. Biasanya kitchen island ini didesain dengan mewah seperti pada gambar di atas. Kelebihan penggunaan kitchen island adalah, anda dapat mempunyai tambahan ruang penyimpanan di dapur selain dari kabinet yang menempel di dinding. Kitchen island juga dapat sekaligus digunakan sebagai meja makan.



Dapur Minimalis Dengan Mini Bar

@myversionofzen

Desain ini merupakan salah satu desain yang sangat kami rekomendasikan pada para pemilik rumah minimalis. Mempunyai ruang yang terbatas memang menjadi salah satu tantangan sendiri dalam mendesain ruangan. Sebagai referensi anda bisa membuat dapur minimalis seperti pada gambar di atas. Sebagai tambahan anda bisa membuat mini bar dengan meja yang menyatu di dapur, tempat ini juga bisa digunakan sebagai meja makan.




Layout Dapur Minimalis 

@rumah_enzo

Selain desain dapur mini seperti pembahasan sebelumnya, anda juga bisa mencontoh desain dapur berikut ini. Gambar referensi di atas menampilkan desain dapur minimalis dengan L-shape dan pemaksimalan ruang penyimpanan dengan kabinet. Anda juga bisa membuat rak serbaguna yang langsung menempel di dinding untuk menyimpan berbagai barang, seperti bumbu-bumbu dan lainnya. Sehingga dapur akan terlihat lebih rapi.



Single Wall Layout

@rumah_naynae

Layout dapur single wall ini juga biasa disebut dengan one-wall layout. Desain ini benar-benar memanfaatkan ruang dengan lahan terbatas. Sesuai namanya, layout ini menempatkan kitchen setnya secara lurus dan memanjang seperti lorong. Dengan ini anda tetap bisa mendapatkan dapur dengan fungsinya dan juga area yang cukup luas dan lega untuk beraktifitas.


Itulah ide "7 Layout Dapur yang Tepat Untuk Rumah Anda" yang bisa anda jadikan referensi dalam membuat ruang dapur yang sesuai dengan bentuk rumah anda. Tertarik mencoba salah satunya? Tunggu berbagai informasi dan artikel menarik lainnya dari kami ya!



Bagi Anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Inspirasi Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.


Penulis    : Rieka

Editor      : Munawaroh

Sumber      : Berbagai sumber


Website Desainrumahpedia.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Desainrumahpedia.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Desainrumahpedia.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.