7 Inspirasi Taman Kecil dengan Pot Bunga Cantik Depan Rumah Untuk Lahan Terbatas

 

7 Inspirasi Taman Kecil dengan Pot Bunga Cantik Depan Rumah Untuk Lahan Terbatas  

Desainrumahpedia.com -- Taman yang hijau dan segar dapat menjadi penyejuk rumah. Dengan tampilannya yang segar membuat kita merasa ter-refresh kembali saat melihatnya. Lelah akibat aktivitas seharian pun dapat berkurang jika bersantai di taman ini. Eksistensi taman di rumah menjadi cukup penting, sekalipun di rumah dengan lahan terbatas anda tetap bisa membuat taman yang cantik.

Lahan yang terbatas tidak serta merta membuat kita berhenti berkreasi, justru keterbatasan lahan sendiri dapat menjadi suatu tantangan bagi para pemilik rumah. Dengan "7 Inspirasi Taman Kecil dengan Pot Bunga Cantik Depan Rumah Untuk Lahan Terbatas" ini anda bisa mendapatkan ide-ide menarik yang bisa anda terapkan di taman mini rumah anda.



Taman Mungil di Teras Rumah

@bani.homes

Memiliki lahan terbatas seringkali membuat kita pusing untuk memaksimalkan ruang yang tersedia. Salah satu opsi yang bisa anda gunakan adalah membuat teras sekaligus ruang tamu semi-outdoor seperti pada gambar di atas. Lahan yang tersedia itu di tambah dengan kanopi atap transparan dan juga tembok pagar agar ruangan mendapat cukup privasi. Lalu tambahkan kursi atau sofa dan juga meja kecil untuk tempat minuman atau camilan bagi tamu.

Agar suasana lebih terasa nyaman dan homey, tambahkan beberapa tanaman hijau dan juga bunga koleksi anda. Karena ini merupakan ruangan,, sebaiknya anda menerapkan konsep taman kering. Tanaman koleksi tersebut bisa anda tata dengan rapi di pot tanaman. Agar bisa menempatkan lebih banyak tanaman, gunakan rak seperti pada gambar di atas.



Kreasi Vertikal Garden

@chillya_putry

Ide selanjutnya yang bisa anda terapkan adalah konsep vertical garden. Seperti namanya, taman ini memang di desain secara vertikal, sehingga anda bisa menggunakan ruang dengan maksimal. Seperti pada contoh di atas, anda bisa menempatkan pot-pot tanaman koleksi milik anda secara vertikal di rak atau ambalan kayu di dinding teras depan. Sangat rapi bukan? Jika tertata rapi seperti ini, perawatannya pun akan lebih mudah. Selain itu, anda bisa mengkoleksi lebih banyak tanaman hias di taman mungil ini.



Ide Taman Tropis Minimalis

@homeqiu

Jika anda menyukai kesan alami dan sejuk seperti di daerah tropis, anda bisa mencoba ide berikut ini. Ubah saja lahan terbatas yang anda miliki di depan rumah menjadi taman mini ala-ala tropis. Taman tropis sendiri memiliki ciri khas rimbun dengan tanaman-tanaman khas daerah tropis. Seperti pada gambar di atas, anda bisa menggunakan tanaman seperti dragon tree, kaktus, lidah mertua, dan masih banyak lagi. 

Agar terlihat rapi, sebaiknya tanaman-tanaman tersebut di tanam di dalam pot. Selain rapi, ia juga lebih mudah untuk di rawat atau mudah untuk dipindah-pindah. Desain taman di atas juga menggunakan rumput halus sebagai tambahan aksen hijau di area taman. Selain itu jalan setapak dengan desain batu dan juga dinding motif batu alam membuat kesan tropis di taman ini menjadi semakin kuat.



Inspirasi Taman Gantung Minimalis di Area Carport

@jou_endhy

Jangankan untuk membuat taman minimalis, terkadang lahan kecil yang kita miliki hanya cukup untuk membuat teras kecil dan juga carport saja. Tapi jangan khawatir, karena ada opsi desain taman yang bisa anda terapkan di lahan minimalis milik anda ini. Inspirasi tersebut adalah membuat taman gantung di area carport dan teras yang kita miliki. 

Contohnya seperti pada gambar di atas, anda bisa menanam berbagai tanaman koleksi di pot-pot hitam lalu menggantungnya di kanopi carport menggunakan kawat yang kokoh. Tata dengan rapi agar tanaman-tanaman tersebut tidak menghalangi jalan. Selain membuat tampilan menjadi hijau dan segar, taman minimalis ini juga membantu membuat suasana dan udara sekitar menjadi lebih segar. Anda bisa memilih tanaman-tanaman yang mudah untuk di rawat.



Pot Putih Minimalis

@redha_re12

Hal penting yang harus kita perhatikan dalam membuat taman adalah media tanamnya. Apakah tanaman-tanaman kita ingin di tanam langsung di tanah, atau perlu menggunakan pot. Nah inspirasi kali ini adalah menggunakan pot putih sebagai tempat menanam tanaman tersebut. 

Mengapa memilih pot putih? Selain karena warna putih ini warna netral dan memang sedang hits serta banyak sekali digunakan, pot berwarna putih dapat membawa kesan tersendiri. Warna putih membuat kesan yang luas pada ruangan yang anda miliki, begitupun jika digunakan pada pot. Pot warna putih tidak akan terasa seperti membuat ruangan jadi penuh.



Pot Tanah Pada Taman Minimalis

@rikka.restie

Selain menggunakan pot warna-warni, anda bisa mencoba menggunakan pot yang terbuat dari tanah. Sebenarnya pot tanah ini merupakan pot yang sering kali digunakan masyarakat. Karena memang pengrajin pot tanah liat ini cukup banyak disini. 

Pot tanah liat akan membawa kesan tradisional yang unik. Selain itu, warnanya yang coklat, kadang oranye, sangat cocok dengan tanaman hijau milik anda. Agar kesan alaminya semakin kuat, anda bisa menambahkan aksen kayu dan juga bebatuan alam pada taman milik anda.



Taman Minimalis Di Lahan Yang Panjang

@yuniaryanti_06

Inspirasi terakhir adalah membuat taman minimalis di lahan yang memanjang. Jika anda memiliki lahan memanjang seperti pada gambar di atas, anda bisa menerapkan ide berikut ini. Lahan dengan bentuk memanjang tersebut memang sedikit susah untuk di desain. 

Anda bisa membuat taman minimalis dengan menempatkan tanaman-tanaman kecil koleksi anda di pot, lalu di tata memanjang. Anda juga bisa memanfaatkan dinding yang tersedia dengan menambahkan beberapa pot gantung disana.



Itulah "7 Inspirasi Taman Kecil dengan Pot Bunga Cantik Depan Rumah Untuk Lahan Terbatas" yang bisa anda jadikan referensi dalam membuat taman minimalis yang sesuai dengan bentuk rumah anda. Tertarik mencoba salah satunya? Tunggu berbagai informasi dan artikel menarik lainnya dari kami ya!


Bagi Anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Inspirasi Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.


Penulis    : Rieka

Editor      : Munawaroh

Sumber      : Berbagai sumber


Website Desainrumahpedia.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Desainrumahpedia.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Desainrumahpedia.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.