7 Desain Taman dan Aneka Tanaman Yang Cocok Mempercantik Taman Rumah Minimalis

 

7 Desain Taman dan Aneka Tanaman Yang Cocok Mempercantik Taman Rumah  Minimalis 

Desainrumahpedia.com -- Memiliki taman hijau yang asri merupakan impian tersendiri bagi sebagian pemilik rumah. Selain karena dapat menyegarkan suasana dan udara sekitar rumah, adanya taman juga membuat rumah terlihat semakin cantik. Pada taman minimalis, selain memperhatikan desain atau layout taman, kita juga perlu memperhatikan pemilihan jenis tanaman yang tepat dengan konsep taman tersebut.

Nah, "7 Desain Taman dan Aneka Tanaman Yang Cocok Mempercantik Taman Rumah  Minimalis" ini dapat anda jadikan inspirasi untuk taman impian anda. Kira-kira desain mana yang membuat anda tertarik? Mari simak pembahasan berikut ini.



Desain Taman Minimalis Dengan Kolam Ikan

@alme_mela

Jika anda memiliki lahan yang sedikit lebih luas, anda bisa menerapkan desain taman berikut ini. Di area sekitar teras depan rumah anda, anda bisa membuat taman hijau yang minimalis. Taman ini didominasi warna hijau dari rumput halus di halaman rumah dan juga tanaman semak atau perdu kecil yang bisa ditanam di pinggiran rumah atau jalan setapak. 

Kolam kecil minimalis dengan ikan koi berwarna menarik juga menjadi spotlight taman ini. Kolam kecil dengan ukuran 1 x 0,5 m ini dapat anda tambahkan dengan air mancur agar terasa lebih alami.



Desain Taman Kering Di Teras 

@bani.homes

Berbeda dari desain sebelumnya, desain ini merupakan desain taman minimalis di ruangan semi-indoor. Bagi anda yang memiliki lahan kecil sehingga tidak mempunyai lahan sisa untuk taman, anda bisa mencoba desain yang satu ini. Pada gambar di atas, ruangan teras depan rumah dibuat menjadi semi-indoor dengan menggunakan kanopi dan juga tembok pagar. Teras ini juga dapat dijadikan sebagai ruang tamu lho dengan menambahkan kursi atau sofa dan juga meja kecil.

Lalu pada sekeliling ruangan ditambahkan tanaman-tanaman hijau penyejuk ruangan. Pada sudut ruangan dekat pagar tembok, anda bisa membuat taman kering minimalis dengan pot bunga dari beton, atau rak bunga yang ditata apik dan rapi. Sebagai pilihan anda bisa menanam tanaman pakis atau pisang-pisangan pada pot besar dan beberapa tanaman kecil di rak bunga.



Desain Vertical Garden

@chillya_putry

Selain menggunakan rak pada saat menata atau melayout taman minimalis, anda juga bisa menerapkan konsep vertical garden lho. Konsep vertical garden merupakan salah satu konsep taman dengan layout vertikal. Konsep ini memanfaatkan dinding yang tidak terpakai sehingga dapat maksimal ruang yang tersedia, sehingga sangat cocok untuk lahan mungil. 

Selain menanam tanaman rambat atau gantung secara vertikal di dinding, anda juga bisa menambahkan rak atau ambalan di dinding sebagai tempat menata pot-pot tanaman koleksi anda. Selain tertata dengan rapi, penataan seperti ini juga mempermudah anda dalam perawatan tanaman, lho. Anda bisa menanam jenis tanaman hias kecil seperti sirih gading, pakis kecil, dan masih banyak lagi.



Desain Taman Tropis Minimalis

@momqisy

Desain selanjutnya adalah taman ala tropis minimalis. Taman tropis tidak hanya bisa dibuat di lahan yang luas, di lahan yang terbatas pun bisa, seperti yang terlihat pada gambar di atas. Taman di atas dibuat di lahan minimalis sudut rumah dengan ukuran kira-kira 1,5 x 1,5 meter. 

Untuk membuat suasana tropis, anda harus menambahkan tanaman-tanaman khas daerah tropis seperti tanaman semak atau perdu, dragon tree, pakis, palem, dan lain sebagainya. Kalau taman di atas, dragon tree atau dracanea di tanam di dua pot ukuran sedang dan di tempatkan di samping kanan dan kiri dengan dengan teras dan pintu masuk. Anda juga bisa menambahkan tanaman yang mudah dirawat seperti kaktus, lidah mertua, dan lain-lain.



Teras Minimalis Yang Asri

@nordasofie

Teras minimalis yang asri satu ini dapat anda jadikan sebagai referensi membuat taman impian di rumah anda. Seperti yang terlihat teras ini meluangkan lahan kecil yang dijadikan sebagai taman kering mungil. Pada taman ini, anda bisa menambahkan bebatuan alami dan membuat batas antara taman dengan teras agar teras tetap bersih dan taman tidak berantakan. 

Anda bisa menambahkan satu pohon tanaman hias di tengah taman tersebut, lalu di sekelilingnya tambahkan beberapa pot tanaman hias. Sebagai referensi anda bisa menanam beberapa tanaman kecil yang mudah di rawat, atau tanaman sukulen warna-warni juga bisa.



Taman Minimalis Dengan Jalan Setapak

@rikka.restie

Pilihan selanjutnya bagi anda yang tidak memiliki lahan yang luas, ide satu ini sangat cocok untuk dicoba. Desain taman ini juga cocok bagi anda yang memiliki lahan tidak terpakai di samping rumah. Daripada terabaikan, lebih baik lahan tersebut dibuat menjadi taman minimalis lengkap dengan jalan setapak. 

Desain taman satu ini termasuk dalam desain taman kering. Anda bisa menempatkan beberapa tanaman yang mudah dirawat seperti kaktus pada pot-pot tanah liat seperti pada gambar di atas. Dinding samping pun harus dimanfaatkan dengan maksimal dengan ditambahkan beberapa pot gantung. 



Taman Minimalis Di Lahan Memanjang

@yuniaryanti_06

Memiliki lahan dengan ukuran yang memanjang memang menjadi suatu tantangan untuk bisa mendesain lahan tersebut dengan maksimal. Contohnya seperti pada gambar di atas, meski lahan yang tersedia sulit di desain, bukan berarti tidak bisa sama sekali. 

Pada gambar di atas, anda bisa membuat taman minimalis dengan penataan tanaman yang berjejer rapi. Selainn itu anda juga bisa memanfaatkan dinding teras depan dengan menambahkan grid sebagai tempat anda menggantung beberapa pot tanaman hias.



Itulah ide "7 Desain Taman dan Aneka Tanaman Yang Cocok Mempercantik Taman Rumah Minimalis" yang bisa anda jadikan referensi dalam membuat taman minimalis. Tertarik mencoba salah satunya? Tunggu berbagai informasi dan artikel menarik lainnya dari kami ya!


Bagi Anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Inspirasi Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.


Penulis    : Rieka

Editor      : Munawaroh

Sumber      : Berbagai sumber


Website Desainrumahpedia.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Desainrumahpedia.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Desainrumahpedia.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.