7 Ide Landscape Taman Samping, Jadikan Rumah Makin Sejuk

 

7 Ide Landscape Taman Samping, Jadikan Rumah Makin Sejuk


Desainrumahpedia.com -- Tahukah Anda, bahwa lahan samping rumah merupakan salah satu bagian yang dapat dimanfaatkan dengan maksimal? Terutama bagi rumah dengan lahan yang minimalis, cobalah referensi “7 Ide Landscape Taman Samping, Jadikan Rumah Makin Sejuk” berikut ini.

Landscape taman di samping rumah akan membuat lingkungan terasa lebih asri dan sejuk. Ada banyak hal yang dapat dikreasikan dalam pembuatan taman ini meski lahan yang tersedia terbatas. Mari simak beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membuat taman yang indah 

 

Ide Landscape Taman Samping Dengan Rumput Hijau

@jasataman_surabaya_sidoarjo

Ketika memikirkan taman, pasti yang terbayang adalah tempat hijau berumput dengan berbagai tanaman menarik bukan? Nah, rumput adalah salah satu pilihan tepat untuk di gunakan dalam sebuah taman. Selain karena bentuknya yang menarik, perawatannya juga tidak sulit.


Ada beberapa jenis rumput yang dapat dijadikan pilihan dalam mempercantik landscape taman samping rumah. Jika ingin yang benar-benar alami, tanamlah rumput halus di lahan yang tersedia. Namun jika ingin membuat ruang tertutup, Anda bisa gunakan karpet rumput sintetis untuk tetap mendapatkan  kesan alami.



Dekorasi Jalur Penghubung Samping Rumah Sebagai Taman

@rumahbundas

Lahan kecil samping rumah yang biasanya dijadikan sebagai jalan yang terhubung dengan beberapa ruangan dapat kita desain menjadi taman juga, lho. Dengan menambahkan paving atau bebatuan sebagai jalur dapat menambah nilai estetik dari rumah.


Manfaatkan juga tembok yang tersedia dengan menambahkan beberapa tanaman di pot gantung, atau tanamlah beberapa tanaman rambat atau tanaman gantung agar terlihat lebih hijau dan asri.



Desain Kanopi Transparan Untuk Pencahayaan Maksimal Pada Taman

@rumahbaya

Landscape taman samping biasanya merupakan jalan penghubung antar ruangan. Oleh karena itu, tempat ini biasanya merupakan ruang terbuka. Sebagai kreasi, tambahkan kanopi atau jenis atap transparan untuk taman ini. 


Selain pencahayaan alami yang tetap maksimal, atap akan melindungi taman dari kerusakan jangka panjang akibat hujan.  Atap juga melindungi kita saat melintas di jalur ini agar tidak kehujanan.



Desain Landscape Taman Apik Dengan Hiasan Batu Alam

@jasataman_surabaya_sidoarjo

Batu alam dapat digunakan untuk menambah kesan alami jika dipasangkan dengan berbagai tanaman hijau. Banyak jenis bebatuan alam yang bisa dipilih, ada yang berukuran kecil, sedang hingga besar.

Tidak ada salahnya untuk mencoba desain landscape taman seperti pada gambar diatas. Gunakan bebatuan kecil yang ditata di tanah, lalu tambahkan paving batu sebagai pijakan atau jalan. 

Seperti pada gambar, batu dengan ukuran sedang juga dapat digunakan sebagai hiasan. Buatlah juga beberapa spot tanaman hijau seperti pohon kecil atau rerumputan untuk melengkapi desain landscape ini.



Desain Taman Kering Dengan Rak Bunga
@pinkygreen.garden

Jika lahan disamping rumah Anda telah di paving atau di keramik, tenang saja karena ada opsi lain untuk membuatnya menjadi landscape taman yang sejuk. Karena sudah tidak dapat ditanami, gunakan pot untuk menanam bunga atau tanaman. 

Buatlah beberapa rak susun untuk menata pot-pot tersebut. Manfaatkan juga dinding kosong untuk menempatkan pot gantung dan hiasan dinding lainnya.



Desain Taman Minimalis Dengan Kreasi Kursi Taman Moderen
 
@cookwithafifah

Ada salah satu konsep menarik yang dapat dijadikan referensi untuk membuat landscape taman samping rumah. Kursi taman dari beton merupakan salah satu poin menonjol dalam konsep landscape berikut.

Landscape taman yang terlihat di gambar mengggunakan konsep minimalis semi moderen. Sehingga kesan yang ingin ditonjolkan adalah kesan clean yang tetap elegan. Tanaman kaktus dan lidah buaya dapat dijadikan pilihan referensi tanaman. Mix and Match bangunan dengan bebatuan alami untuk menambah kesan alami.


Ide Landscape Taman dengan Kolam yang Bikin Sejuk
@kiwaribatualam

Terakhir, tambahkan kolam sebagai bagian yang melengkapi lanscape taman samping rumah Anda. Suara gemericik air dan ikan-ikan yang berenang akan membuat pemandangan menjadi terasa lebih asri. 


Jika tidak mempunyai lahan yang besar, kolam dapat dibangun dengan ukuran yang mini 1 x 0,5 meter. Akan lebih bagus jika dibuat model air mancur seperti pada gambar diatas.


Demikian "7 Ide Landscape Taman Samping, Jadikan Rumah Makin Sejuk" yang patut untuk dicoba. Tertarik dengan ide ini?



Bagi Anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Inspirasi Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.


Penulis    : Rieka
Editor      : Munawaroh
Sumber      : Berbagai sumber


Website Desainrumahpedia.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Desainrumahpedia.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Desainrumahpedia.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.