7 Tips Desain Rumah Jepang yang Mudah Untuk Ditiru. Bikin Hunian Tampak Lebih Menawan!


Desainrumahpedia.com -- Seiring berkembangnya desain arsitektur, rumah Jepang masih menjadi primadona dan memiliki banyak peminat. Desain rumah Jepang identik dengan desain rumah yang memiliki karakter tersendiri. Dominasi penggunaan furnitur dengan material yang ramah lingkungan dan dipadukan dengan palet warna earhty tone berhasil membuat atmosfer rumah yang lebih homey.
Sebenarnya merancang rumah Jepang tidak sesulit yang anda bayangkan. Anda bahkan bisa menggunakan beberapa elemen yang disekitar dan mudah ditemukan. Jika anda tertarik, kali ini Desainrumahpedia.com akan mmebagikan 7 tips desain rumah Jepang yang mudah untuk ditiru, bikin hunian tampak lebih menawan dibawah ini! Mari simak uulasan lengkapnya dibawah ini!


1. Desain ruang tamu konsep Jepang


Inspirasi ruang tamu tamu dengan gaya Jepang diatas tampil fungsional dan cukup menarik perhatian. Sesuai dengan konsep rumah Jepang, hampir seluruh interior menggunakan warna-warna dengan tone yang lembut, seperti warna putih sebagai dasar, warna abu-abu yang elegan, hingga cokelat yang natural.
Penataan ruang tamu diatas menggunakan konsep interior open plan yang membuat tampilan ruangan terlihat lebih lega. Sehingga antara ruang tamu, ruang makan, hingga dapur dirancang khusus didalam ruangan yang sama.

2. Desain dapur dan ruang makan konsep Jepang


Memiliki ukuran hunian dengan lahan yang terbatas memang mengharuskan anda untuk lebih kreatif lagi dalam merancang setiap ruangan agar tetap maksimal. Menggabungkan kedua ruangan merupakan salah satu cara jitu untuk menghemat ruangan. Tidak terkecuali dapur dan ruang makan, karena kedua ruangan ini memiliki fungsi yang saling berkaitan tentunya bukanmenjadi masalah jika menggabungkan kedua ruangan.
Kitchen set model segaris atau one line terlihat fungsional di ruangan yang mungil. Nah, anda bisa memposisikan ruang makan pada space yang kosong. Penggunaan furnitur dengan material yang ramah lingkungan juga menjadi ciri khas rumah Jepang yang menawan.


3. Ruangan dengan pencahayaan alami



Satu lagi tips rumah Jepang yang tidak boleh anda lewatkan adalah tentang pencahayaan didalam ruangan. Desain rumah Jepang identik dengan hunian yang dilengkapi oleh banyak bukaan atau fasilitas jendela yang cukup banyak. Seperti dapur diatas yang dirancang lengkap dengan sebuah jendela yang berukuran cukup besar. Sehingga memungkinkan ruangan mendapatkan pencahayaan alami secara maksimal. Selain sirkulasi udara berjalan lebih lancar, anda pun lebih menghemat penggunaan listrik disaat siang hari.

4. Desain ruang kerja bergaya minimalis



Desain rumah minimalis memiliki prinsip yang hampir sama dengan rumah Jepang. Konsep less is more, yaitu menggunakan desain yang simple tapi tetap fungsional. Inspirasi ruang kerja dibuat dengan desain minimalis, tidak banyak dekorasi yang digunakan. Sehingga menampilkan ruangan yang lebih elegan dan luas. Furnitur yang dipilih pun tidak banyak dan mencakup furnitur utama yaitu sebuah meja lengkap dengan drawer dan sebuah kursi putar yang nyaman.


5. Desain kamar mandi  dengan nuansa warna netral


Inspirasi kamar mandi dengan ukuran yang mungil diatas terlihat fungsional dengan dominasi interior bernuansa terang. Tips untuk menghadirkan rumah Jepang, anda perlu menggunakan interior bernuansa warna-warna netral. Penggunaan keramik dengan warna krem pada kamar mandi akan menghadirkan tampilan ruangan yang lebih homey. Apalagi jika anda padukan dengan dekorasi tanaman hijau yang dapat mempercantik tampilan.


6. Desain kamar tidur dengan konsep lesehan



Desain kamar tidur konsep lesehan saat ini tengah populer dan banyak diterapkan di berbagai gaya hunian. Gaya lesehan sangat identik dengan rumah Jepang yang penuh kenyamanan. Desain tempat tidur diposisikan berada di sudut ruangan, sehingga space ruang yang lainyya bisa anda gunakan untuk furnitur lainnya.
Jangan lupa untuk menggunakan perabot atau furnitur yang multifungsi seperti meja dengan fitur kabinet hingga rak-rak kayu terbuka yang dapat anda gunakan untuk menyimpan berbagai perlengkapan. 

7. Laundry room konsep terbuka



Terakhir adalah laundry room yang mengusung konsep terbuka dengan desain taman cantik yang memikat. Desain rumah Jepang memiliki karakteristik dengan suasana alam yang kuat. Sehingga menghadirkan desain taman dihalaman belakang merupakan cara terbaik yang bisa anda coba di rumah.
Selain menampilkan view taman yang cantik, aktivitas mencuci dan menjemur baju pun akan terasa lebih menyenangkan.
Halaman belakang juga bisa anda gunakan sebagai tempat bersantai yang menenangkan tanpa adanya sebuah gangguan yang berarti.

Itulah 7 tips desain rumah Jepang yang mudah untuk ditiru. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda.

Bagi Anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Inspirasi Rumah Shabby Minimalis.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.


Penulis   : Hafsah
Editor     : Munawaroh
Sumber   : Instagram @akarumah

Website Desainrumahpedia.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Desainrumahpedia.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Desainrumahpedia.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.