7 Inspirasi Ruang Tamu Sempit yang Menarik dan Terasa Luas


Desainrumahpedia.com -- Desain ruang tamu dengan ukuran lahan yang terbatas memang terkadang membuat anda harus ekstra saat merancang ruangan agar tetap maksimal. Tetapi hal tersebut bukan berarti ruang tamu kecil tidak nyaman. Dengan sedikit kreativitas dan penataan yang sesuai, anda bahkan bisa memiliki ruang tamu sempit yang terlihat eye cathing dan menarik.
Ada banyak tips dan trik yang bisa anda terapkan untuk menghadirkan tampilan refleksi ruangan sempit terasa luas. Nah, jika anda membutuhkan referensi, kali ini Desainrumahpedia.com akan membagikan 7 inspirasi ruang tamu sempit yang menaarik dan terasa luas yang bisa anda contoh desainya dibawah ini!

1. Desain ruang tamu luas dengan plafon up ceiling

@fatchu23

Bagian langit-langit atau plafon ruang tamu seringkali terabaikan, padahal jika dirancang dengan tepat akan membuat tampilan ruangan terlihat menarik. Desain ruang tamu dengan ukuran 3x3 meter diatas menggunakan plafon gypsum dengan model up ceiling atau model menjorok keatas,sehingga ruangan dibawahnya akan terasa lebih sejuk dan luas.
Sedangkan dari segi estetika, anda bisa juga menambahkan sebuah hidden lighting dibagian dalam plafon. Pilih warna cahaya yang sesuai dengan atmosfer yang ingin anda ciptakan. Contoh: Warna biru untuk atmosfer ruangan yang lebih dingin.


2. Inspirasi ruang tamu sempit dengan cermin

@dr.resna

Sebenarnya ada banyak cara untuk membuat tampilan ruang tamu sempit terasa lebih luas. Salah satu cara termudah, ialah dengan menambahkan sebuah dekorasi cermin. Penggunaan dekorasi cermin dapat merefleksikan ruangan sempit yang lebih lega. Model cermin pun beragam dan bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan rumah. Desain cermin dengan frame gold membuat tampilan ruangan yang lebih menarik dan mewah.

3. Desain ruang tamu dengan warna netral

@febyoan

Desain ruang tamu yang menggunakan tema interior bernuansa earhty tone merupakan salah satu desain terfavorit. Apalagi penggunaan warna earhty tone dapat membawa atmosfer ruangan yang lebih homey. Bagian interior dinding dipilih dengan warna krem yang terlihat selaras dengan furnitur sofa. Beberapa sentuhan material kayu juga menambah tampilan ruang tamu sempit semakin elegan. Warna-warna earhty tone terdiri dari warna netral seperti putih, krem. hingga cokelat kayu yang hangat.

4. Desain ruang tamu sempit dengan pencahayaan alami

@rumahjovinca

Salah satu elemen yang tidak boleh anda lewatkan ketika merancang ruang tamu sempit adalah memastikan ruangan mendapatkan pencahayaan alami secara maksimal. Dengan begitu ruangan akan terlihat terang sepanjang hari. Meski dengan ukuran yang terbatas, jika ruangan terang akan membuat tampilan ruangan semakin luas. Anda bisa menghadirkan sebuah jendela, jangan lupa untuk menambahkan sebuah tirai atau gorden untuk mengatur cahaya yang masuk. Tambahan gorden akan membuat tampilan ruangan semakin menarik.


5. Desain ruang tamu minimalis

@rdyunita

Konsep rumah minimalis identik dengan dekorasi yang simple tapi tetap fungsional. Mengusung konsep less is more, kali ini desain ruang tamu dengan ukuran 2x2 meter dibuat dengan dekorasi sederhana. Pemilihan furnitur pun juga disesuaikan dengan kapasitas ruangan. Sebuah sofa loveseat atau sofa dengan kapasitas dua dudukan bisa anda padukan dengan coffee table oval untuk menghindari kesan penuh pada ruangan. Jangan lupa padukan dengan pemilihan warna netral untuk tampilan ruangan yang lebih luas.

6. Desain ruang tamu dengan dinding yang tinggi

@mela_vibi

Ciptakan tampilan ruangan yang tidak terlalu luas dengan desain dinding yang dirancang lebih tinggi. Penggunaan dinding yang dibuat lebih tinggi dapat menciptakan kesan ruangan yang lebih lapang dan luas. Apalagi bagian atas terdapat sebuah ventilasi yang memungkinkan ruangan terasa lebih sejuk. Dinding putih polos akan terlihat catchy dengan kombinasi teknik wall moulding yang aka membuat tampilan semakin elegan. 


7. Penggunaan tirai yang lebih tinggi

@popy_endria

 Satu lagi cara yang membuat tampilan ruangan sempit terlihat lebih tinggi. Dengan menggunakan sebuah tirai atau gorden ruang tamu yang dibuat lebih tinggi dari jendela akan membuat refleksi ruangan terasa lebih lega. Nah, agar tampilan interior semakin menari, antara warna gorden dan warna sofa bisa anda buat dengan warna yang sama. Penggunaan tema interior warna ungu akan membuat tampilan semakin mewah.

Itulah 7 inspirasi ruang tamu sempit yang menarik dan terasa luas. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda.

Bagi Anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Inspirasi Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis   : Hafsah

Editor     : Munawaroh

Sumber   : Berbagai sumber


Website Desainrumahpedia.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Desainrumahpedia.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Desainrumahpedia.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.