Inspirasi Penataan Rumah Mungil Tanpa Sekat. Tetap Nyaman Meski Terbatasnya Luas

 

Desainrumahpedia.com -- Memiliki rumah minimalis dengan ukuran ruangan yang sempit, memang terkadang menjadi sebuah hambatan bagi anda untuk merancang agar tetap fungsional. Tetapi seiring berkembangnya desain arsitektur, anda tidak perlu khawatir lagi. Terdapat beberapa tips dan trik jitu untuk menyiasati ruangan yang sempit. Salah satu yang sangat direkomendasikan adalah dengan menerapkan konsep desain interior rumah open plan yang dapat menghadirkan kesan ruangan sempit terasa lebih lega. Apalagi desain ruangan ini dibiarkan terbuka tanpa sebuah partisi atau tanpa sekat untuk menampilkan kesan rumah yang lebih luas.

Apabila anda sedang mencari referensi, kali ini Desainrumahpedia.com akan membagikan inspirasi penataan rumah mungil tanpa sekat, tetap nyaman meski terbatasnya luas!


Desain interior rumah minimalis konsep open plan

Desain interior konsep open plan sangat disarankan bagi anda yang memiliki rumah berukuran terbatas. Dengan menerapkan konsep open plan akan membantu anda merancang setiap ruangan agar tetap fungsional dan homey. Seperti contoh diatas, saat memasuki rumah, kita akan disambut oleh pemandangan desain ruangan memanjang tanpa sebuah sekat yang terlihat lebih lega. 

Antara ruang tamu, ruang keluarga dan dapur dirancang berdampingan. Nah, untuk membedakan fungsi setiap ruangan anda bisa menambahkan sebuah karpet, atau bahkan sebuah dekorasi tanaman yang berbeda disetiap ruangan. Sangat mudah untuk diadopsi di rumah anda bukan? Kuncinya penataan yang rapi dan pemilihan furnitur yang seuai dengan kapasitas ruangan.

Menggunakan pintu geser yang menghadirkan kesan luas

Pemilihan furnitur yang sesuai akan membuat tampilan rumah minimalis terlihat lebih efisien dan nyaman. Ruang tamu merupakan ruangan pertama yang akan dilihat seseorang saat memasuki hunian anda. Sehingga desain yang menarik akan memberikan impresi yang baik bagi tamu yang datang berkunjung. Untuk membantu menyiasati keterbatasan ruang, anda bisa menggunakan pintu kaca transparan dengan model sliding yang tidak makan banyak ruang. 

Pemilihan desain interior bernuansa earhty tone juga menciptakan atmosfer ruangan yang lebih homey.


Desain dapur minimalis dekat taman indoor 

Pada bagian ruangan paling ujung, terdapat sebuah dapur sederhana yang didesain khusus berada di dekat taman yang cantik. Sehingga proses memasak akan dipastikan lebih menyenangkan dengan view taman yang asri. Bagian atap taman juga padukan dengan kombinasi atap transparan yang memungkinkan ruangan terlihat lebih terang saat di siang hari.

Dapur terlihat lebih rapi dan bersih dengan kombinasi interior bernuansa putih yang elegan. Apalagi dapur juga dilengkapi dengan fasilitas mini bar yang fungsional. 

Desain kamar tidur konsep lesehan


Desain kamar tidur konsep lesehan merupakan salah satu cara termudah untuk menyiasati ukuran ruangan yang mungil. Tempat tidur lesehan dapat menghadirkan kesan ruangan sempit terlihat lebih lega. Tips berikutnya, anda bisa memposisikan tempat tidur berada didekat dinding, sehingga ruangan tersisa akan terlihat lebih luas.
Tidak banyak dekorasi yang digunakan, anda cukup memilih furnitur utama untuk mengurangi kesan tampilan ruangan terlihat penuh.


Desain ruang cuci dan jemur yang aman dari hujan


Menyatukan kedua ruangan antara laundry room dan ruang jemuran akan membantu anda menghemat ruangan sekaligus membuat kedua aktivitas berjalan lebih efektif dan efisien. Desain ruang cuci jemur di rumah mungil didesain fungsional yang aman dari hujan berkat penggunaan atap transparan. Dengan begitu pencahayaan alami bisa masuk secara maksimal dan pakaian basah pun akan cepat kering.
Sedangkan dari segi estetika, anda bisa menambahkan beberapa dekorasi tanaman hijau yang akan membuat tampilan ruangan yang lebih sejuk.

Itulah beberapa inspirasi penataan rumah mungil tanpa sekat, tetap nyaman meski terbatasnya luas. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda.

Bagi Anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Inspirasi Rumah Shabby Minimalis.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.


Penulis   : Hafsah
Editor     : Munawaroh
Sumber   : Instagram @rumahazkaa

Website Desainrumahpedia.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Desainrumahpedia.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Desainrumahpedia.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.