7 Ide Memanfaatkan Area Bawah Tangga agar Lebih Space Saving

Desainrumahpedia.com -- Memiliki rumah 2 lantai tentu saja tangga menjadi akses utama dari lantai satu menuju lantai 2, begitupun sebaliknya. Keberadaan tangga sebagai akses ini, seringkali diabaikan space disekitarnya termasuk di area bawah tangga. Bawah tangga menjadi salah satu area yang kosong dan dapat digunakan sebagai fungsi baru yang lebih menghemat tempat. Bagi anda yang tertarik untuk memanfaatkan area bawah tangga, simak ulasan berikut mengenai 7 Ide Memanfaatkan Area Bawah Tangga agar Lebih Space Saving.

 

 

Sebagai rak dan area santai

@susanti73

Ide pertama yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan area bawah tangga anda adalah dengan menggunakannya sebagai tempat santai yang dilengkapi dengan dudukan sofa yang nyaman. Selain itu, tak lengkap rasanya bila tak menggunakannya sekaligus sebagai storage, pada desain tangga ini juga menggunakan area kosongnya sebagai rak untuk menempatkan dekorasi yang kemudian semakin mempesona dengan tambahan LED untuk sekaligus kesan elegan dan unik.

 

 

 

Sebagai gudang kecil

@ianria_home

Jika anda ingin penyimpanan tanpa harus menghadirkan gudang khusus di rumah, pemanfaatan area bawah tangga ini dapat menjadi ide terbaik untuk anda. Menutupnya secara keseluruhan dengan pintu akan membuat tampilannya tetap terasa rapi dan memudahkan dalam mengkategorikan barang sehingga lebih mudah untuk ditemukan.


 

Musholla bawah tangga

@ditte_id

Jika area bawah tangga yang anda miliki cukup luas, ide yang satu ini dapat menjadi inspirasi menarik bagi anda. Penggunaannya sebagai musholla tetap didukung dengan desain yang pas menggunakan elevasi pada lantai utamanya agar tetap terjaga kesuciannya dan membuatnya memiliki area yang lebih terfokus.

 

 

Sebagai kamar mandi

@casa_kanaka

Memiliki area yang tersembunyi, menghadirkan kamar mandi di bawah tangga ini akan menjadikan tampilannya lebih rapi dan membuat ruangan di rumah lebih terasa luas. Selain sebagai kamar mandi, tepat dibawah anak tangga ini juga dimanfaatkan sebagai rak  penyimpanan sepatu yang dapat membuat lebih rapi dan tentu saja jauh menghemat space di rumah.



Tambahan taman kering yang pas

Pinterest

Memiliki area yang sempit pada area bawah tangga, jangan khawatir untuk tampilan yang kosong dan membuatnya terabaikan. Memasukkan konsep taman kering akan menjadi tampilan yang menyegarkan di dalam rumah. Untuk menambahkan tanaman, anda dapat menggunakan pot yang membuat penataan lebih fleksibel dan perawatan yang lebih terfokus.

 

 

Dapur di bawah tangga

Pinterest

Tak sedikit orang yang memanfaatkan area bawah tangganya sebagai dapur. Seperti desain yang satu ini, jika anda memiliki model tangga yang memanjang, penataan meja dapur dengan model linear akan menjadikan ruang terasa lebih luas dan pada beberapa area lainnya dapat dimanfaatkan sebagai fungsi lainnya seperti ruang makan ataupun tambahan storage lain yang dibutuhkan.

 

 

 

Area fungsional

via/dapurminimalis

Tak hanya sebagai dapur, area bawah tangga ini dimanfaatkan dengan baik sebagai kamar mandi dan juga laundry area. Hal ini akan sangat menguntungkan ketika anda memiliki rumah mungil dan ingin membuat fungsi maksimal serta ingin membuat area lainnya tetap terasa lapang. Penggunaan konsep nuansa pink yang digunakan serentak akan menjadikannya tetap memiliki tampilan yang indah dan seolah melupakan keberadaan bawah tangga yang relatif kecil ini.

 

 

 

Itulah 7 Ide Memanfaatkan Area Bawah Tangga agar Lebih Space Saving. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda. Terimakasih.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya. 

 

Penulis  : Hafidza
Editor    : Munawaroh
Sumber :Berbagai Sumber

 

Website Desainrumahpedia.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Desainrumahpedia.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Desainrumahpedia.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.