7 Cara Cerdas Membuat Rumah Kecil Terlihat Lebih Luas

 Desainrumahpedia.com - Rumah yang merupakan tempat aman dapat dijadikan sebagai tempat untuk istirahat setelah penat akibat aktivitas seharian di luar. Namun, karena keterbatasan lahan, banyak sekali rumah sekarang ini berukuran kecil. Dan tentunya ukuran rumah atau ruangan yang sempit dapat membuat stres. Untuk itu Desainrumahpedia.com akan menyajikan ulasan mengenai 7 Cara Cerdas Membuat Rumah Kecil Terlihat Lebih Luas. Yuk mari simak!


Rancang Kebutuhan Ruang Terlebih Dahulu

Instagram/noman_desainrumah

Sebelum membangun rumah, tentunya anda harus merancang terlebih dahulu kebutuhan ruangan. Misalnya untuk keluarga kecil dengan 1 anak, anda hanya membutuhkan rumah yang dengan 2 kamar tidur. Atau anda menginginkan taman agar suasana rumah tidak pengap. Selain itu, jika anda sudah memiliki rumah dan tidak sempat merancang, anda dapat melakukan makeover dengan menata ruangan dalam rumah agar tampil lebih luas seperti yang akan dijabarkan berikut di bawah ini.


Penggunaan Warna Cerah

Instagram/rumah_mowwi

Dengan rumah berukuran minimalis dan memiliki ruangan yang berukuran kecil, anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan warna cerah. Warna cerah sendiri dapat memberikan kesan ruangan tampak luas dan lapang. Selain itu, penggunaan warna cerah dapat memberikan kesan ruangan lebih bersih dan rapi.


Minimalisir Penggunaan Furnitur

Instagram/rumah_stia

Selain penggunaan warna yang cerah, anda dapat meminimalisir penggunaan barang di dalam rumah kecil. Minimalisir penggunaan barang ini dapat memberikan kesan yang luas dan longgar pada ruangan. Seperti tidak menggunakan dipan pada kamar tidur agar ruangan tidak sumpek. Anda dapat meletakkan barang serta perabot yang penting saja agar ruangan tidak sempit dan pengap.


Perhatikan Dalam Mengatur Pencahayaan

Instagram/desainrumah_info

Ruangan dalam rumah kecil dapat anda siasati dengan penggunaan lampu agar nampak terang. Apalagi jika ruangan dalam rumah kecil tidak memiliki jendela. Anda dapat memberikan pencahayaan berupa lampu utama dan lampu tambahan seperti lampu tumbler, neon, dan sebagainya.


Gunakan Cermin

Instagram/williamkellye

Cara lain untuk membuat rumah kecil terlihat luas ialah, dengan meletakkan cermin. Baik itu cermin berdiri, maupun cermin tempel atau gantung. Hal ini dikarenakan cermin memiliki sifat dapat merefleksikan keadaan sekitarnya. Anda dapat meletakkan standing mirror pada bagian sudut rumah, maupun di area yang kosong. Atau bahkan dapat anda tempel sekalian di lemari atau dinding dalam ruangan.


Pasang Tirai Panjang

Instagram/wellanovikaaditya

Untuk ruangan yang memiliki jendela, dapat anda pasang tirai untuk tampilan yang apik dan tentunya memiliki kesan privasi. Gunakan tirai yang berukuran panjang hingga menyentuh lantai untuk di pasang pada jendela. Dengan ukuran tirai yang panjang, dapat memberikan efek ruangan terlihat lebih luas.


Furnitur Serbaguna

Instagram/rumah_stia

Selain meminimalisir penggunaan barang, anda dapat menggunakan furnitur yang serba guna. Penggunaan furnitur serbaguna sendiri dapat membuat ruangan lebih efisien. Seperti ruang tamu yang digabung dengan ruang keluarga. Yang kemudian anda dapat meletakkan meja yang berfungsi sebagai laci untuk menyimpan barang.


Itulah 7 Cara Cerdas Membuat Rumah Kecil Terlihat Lebih Luas yang disajikan oleh Desainrumahpedia.com untuk anda tiru dan jadikan inspirasi. Semoga bermanfaat.


Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis mulai dari yang sederhana hingga modern, silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di Facebook Inspirasi Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan dalam membangun rumah idaman. Dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis    : Yuniar
Sumber   : Berbagai Sumber
Editor      : Munawaroh


Website Desainrumahpedia.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Desainrumahpedia.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain rumah, Desainrumahpedia.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.