7 Inspirasi Menata Tanaman Gantung di Teras yang Rapi dan Memesona

Desainrumahpedia.com -- Menata teras depan rumah dengan berbagai tanaman hias merupakan salah satu cara untuk membuat tampilan rumah yang lebih memesona. Memelihara tanaman hias menjadi salah satu hobi yang banyak diminati di kala pandemi seperti ini. Hobi bercocok tanam juga menjadi salah satu hobi yang memberikan banyak manfaat yang tentunya langsung banyak dirasakan oleh pemilik hunian.

Sebelum memulai mendesain teras dengan berbagai jenis bunga, akan lebih baik jika anda membuat konsep penataan terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan. Bagi anda yang membutuhkan contoh desain teras yang cantik, berikut ini adalah "7 inspirasi menata tanaman gantung di teras yang rapi dan memesona" yang bisa anda terapkan dirumah!


Penataan tanaman gantung pada kanopi

@memrhouse

Inspirasi desain teras yang pertama dibuat dengan konsep tropical dengan banyak penggunaan furnitur yang ramah lingkungan. Penggunaan dominasi material kayu tentu akan memberikan kesan rumah yang lebih elegan dan natural. Nah anda bisa memanfaatkan bagian kerangka kanopi untuk menggantung tanaman, yang hasilnya sangat efektik untuk memamerkan berbagai jenis tanaman gantung milik anda. 

Salah satu jenis tanaman hias yang menarik adalah bunga pukul sembilan atau Portulaca yang memiliki berbagai warna cerah, sehingga cocok dijadikan sebagai dekorasi teras rumah.


Penataan tanaman gantung pada di langit-langit yang indah

@so_sweety966

Menata taman di teras depan rumah, menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan meskipun di lahan yang kecil. Penggunaan tanaman gantung menjadi salah satu solusi bagi anda yang memiliki space terbatas. Caranya cukup mudah, anda bisa menempatkan tanaman gantung di area langit-langit teras seperti pada gambar. Tidak hanya satu jenis bunga, anda bisa menggunaan berbagai variasi jenis bunga untuk membuat tampilan teras yang semakin cantik. Tips agar teras lebih rapi, anda bisa menggunakan pot dengan bentuk dan warna yang seragam.


Penataan tanaman gantung diatas kolam ikan


@fajarwatikristianti

Keberadaan elemen air di dalam hunian terbukti mampu membuat suasana rumah yang lebih menyegarkan. Apalagi jika di sekeliling kolam ikan terdapat berbagai dekorasi tanaman hias yang tentu akan memperindah tampilan.
Agar lebih leluasa berada di area kolam ikan, anda bisa menempatkan tanaman gantung yang akan membuat space ruangan yang sempit terlihat lebih luas. Anda cukup menggantungkannya di bagian area dak teras.

Penataan tanaman gantung di teras yang rapi


@innalestarie

Tips bagi anda yang akan mendesain teras agar lebih rapi dan efektif adalah dengan menggunakan pot gantung yang hemat tempat. Pilihlah jenis tanaman dengan jenis yang sama misalnya tanaman sirih gading atau golden pothos, kemudian cantolkan pada langit-langit teras.
Selain lebih rapi, taman minimalis pun lebih enak untuk dipandang sehingga sukses membuat atmosfer teras yang lebih sejuk.

Desain teras minimalis dengan tanaman gantung yang berjajar rapi di area carport

@nathasiamilka

Keterbatasan lahan bukan menjadi halangan bagi anda untuk memelihara tanaman hias di rumah. Teras rumah type 36 ini didesain fungsional dan cantik dengan memanfaatkan berbagai tanaman gantung. Penataan tanaman gantung terlihat berjajar rapi di area carport ini bisa menjadi referensi terbaik bagi anda. Bagi anda yang masih pemula, anda bisa memilih jenis tanaman gantung yang memiliki perawatan mudah seperti Tradescantia yang bisa tumbuh di beragam kondisi lingkungan.

Desain teras minimalis dengan tanaman gantung yang sejuk

@rumahbundas

Terdapat berbagai cara untuk mendesain teras rumah agar terlihat lebih menarik. Salah satunya adalah dengan dengan menggantung banyak pot bunga di teras. Tidak perlu mahal, anda bisa menggunakan kawat sebagai gantungan pot, kemudian kaitkan pada atap rumah.
Selain ekonomis, tampilan yang diberikan tanaman gantung tidak pernah gagal membuat suasana rumah yang lebih asri.

Menatan tanaman gantung pada dinding

@metha_amelya90

Selain dengan menggantung tanaman di area teras, meletakkan tanaman hias di bagian dinding atau tembok rumah menjadi salah satu solusi lainnya untuk menyiasati space lahan yang terbatas.
Gunakan beberapa rak ambalan kayu, kemudian anda tinggal menempatkan berbagai tanaman hias di dalam pot diatasnya. Pilihlah tanaman berukuran kecil hingga sedang atau sesuai kebutuhan rumah. Sangat rapi dan fungsional bukan?

Itulah 7 inspirasi menata tanaman gantung di teras yang rapi dan memesona yang bisa anda terapkan dirumah. Semoga artikel diatas bisa membantu anda dalam mendesain taman rumah yang cantik dan memesona.

Bagi Anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Inspirasi Rumah Shabby Minimalis.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.


Penulis     : Hafsah
Editor      : Munawaroh
Sumber      : Berbagai sumber

Website Desainrumahpedia.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Desainrumahpedia.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Desainrumahpedia.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.