Tips Menyiasati Atap Transparan Agar Lebih Aman dan Percantik Rumah


Desainrumahpedia.com -- Penggunaan atap yang transparan merupakan cara efektif dalam mendapatkan cahaya alami ke dalam rumah. Selain itu, belakangan juga digemari oleh masyarakat karena memiliki tampilan yang modern dan dapat menghemat penggunaan lampu di siang hari. Dan bagaimana agar penggunaan atap transparan ini dapat membuat rumah lebih cantik.

Untuk lebih jelasnya simak beberapa tips yang disajikan berikut ini!


Spot / Bagian yang Bisa Menggunakan Atap Transparan

By : jasaarsitekmalang.net

Tidak semua ruangan yang ada di dalam rumah dapat dipasang atap transparan. Hal ini berkaitan dengan keamanan dan privasi seseorang. Biasanya atap transparan ini digunakan untuk ruangan yang gelap dan agak lembab dan menyebabkan pembengkakan biaya listrik karena penggunaan lampu yang lebih sering. 

Untuk spot yang dapat menggunakan atap transparan ini biasanya teras, garasi, ruang dapur, area cuci dan jemur pakaian, serta taman indoor.


Material yang Digunakan untuk Atap Transparan

By : sunrise-steel.com

Terdapat sejumlah material yang digunakan untuk atap transparan. Untuk yang pertama ada material kaca. Pencahayaan dari material kaca ini lebih maksimal sehingga membuat visibilitas ruangan semakin baik. Namun, untuk keamanan Desainrumahpedia.com menyarankan untuk menggunakannya sebagai skylight atau jendela yang ada di langit-langit rumah. Karena material ini cukup berat, dan apabila struktur penopang tidak dibuat dengan sempurna maka resikonya ialah kaca akan terjatuh dan ini sangat membahayakan.

Material kedua ialah solartuff. Kejernihan material jenis ini setara dengan kaca. Kekuatan solartuff ini cukup tangguh sehingga anti bocor, tidak mudah pecah, fleksibel, memberikan perlindungan UV, dapat meredam suara bising, dan tahan akan perubahan cuaca.

Selanjutnya atap transparan material dari polikarbonat. Tingkat kejernihan yang dihasilkan dari material ini tidak setara dengan kaca. Karena material ini lebih difungsikan untuk meredam sinar matahari. Sehingga area yang berada di bawah atap ini tetap terlihat terang namun tidak akan terasa begitu panas. Polikarbonat ini dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama karena tahan terhadap air dan rayap.


Tips Desain Atap Rumah

Teras

By : jual-apartemen.com

Biasanya untuk teras tidak banyak yang menggunakan atap yang transparan. Namun, anda bisa mencoba menggunakannya. Dengan ini teras anda yang awalnya sempit akan terlihat lebih luas dan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Untuk rangkanya sendiri anda bisa menggunakan bata cor sehingga akan lebih kuat untuk menopang bagian atapnya.


Penempatan Atap Transparan di Tengah Ruangan

By : i.pinimg.com

Penggunaan atap transparan pada area keluarga seperti ini sangat cocok untuk bersantai. Dengan rolling door yang transparan dan menghadap ke halaman belakang memberi kesan bahwa ruangan terlihat lebih luas. Pemberian sofa dan meja dapat anda tambahkan di ruang ini. Tambahkan karpet di lantai sehingga kesan hangat akan terasa.


Atap Transparan pada Area Dapur 

By : bildeco.com


Penggunaan atap transparan pada dapur akan meningkatkan mood anda dalam melakukan aktifitas memasak. Dengan pencahayaan yang cukup dan dinding yang dikombinasikan dengan cat warna putih membuat dapur lebih bersih. Penggunaan lantai dari vinyl membantu memberikan kesan ruangan yang luas. Berikan sedikit sentuhan hiasan tanaman hidup dan area dapur ini akan semakin menarik.


Area Halaman Belakang Rumah 

By : 1.bp.blogspot.com


Penggunaan atap untuk halaman belakang rumah seperti pada gambar juga bisa anda jadikan inspirasi. Untuk yang memiliki keterbatasan pada halaman belakang, material yang digunakan sebaiknya dari kaca. Dengan ini sinar matahari yang masuk akan lebih maksimal dan untuk melakukan aktifitas di area ini seperti berjemur, bersantai atau olahraga akan lebih terasa nyaman.


Ruang Cuci dan Jemur Pakaian 

By : sisiruang.com

Area cuci dan jemur pakaian lebih terkesan dengan udaranya yang lembab. Oleh karena itu anda bisa menyiasatinya dengan pemberian atap transparan untuk area tersebut. Selain berfungsi untuk memudahkan dalam menjemur pakaian, suasana di area ini akan terasa lebih lega dan udara yang ada lebih baik daripada tidak menggunakan atap transparan.

Sedikit pengetahuan dan Tips Menyiasati Atap Transparan Agar Lebih Aman di atas bisa anda jadikan inspirasi. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu bagi anda yang sedang mencari desain dan denah rumah.

Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis mulai dari yang sederhana hingga modern, silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Inspirasi Rumah Shabby Minimalis.

Baca Juga :

Serba-serbi Atap Transparan, Alternatif Perlindungan dan Percantik Teras Rumah

Desainrumahpedia.com -- Modern kini, penggunaan atap transparan semakin sering diperbincangkan dan menjadi favorit bagi banyak kalangan. Adanya atap transparan dapat memberikan pencahayaan alami dalam rumah. Selain itu, penggunaan atap transparan juga dapat membuat tampilan rumah menjadi lebih modern...
 
 
 
 

Berikan Pencahayaan Alami dalam rumah dengan 6 Desain Atap Transparan Paling Populer 2021

 Desainrumahpedia.com -- Penggunaan atap transparan untuk hunian minimalis menjadi populer karena memiliki banyak keunggulan tersendiri. Selain karena tampilan atap transparan yang akan membuat kesan hunian menjadi lebih modern, juga memungkinkan mendapatkan pencahayaan alami dalam rumah, karena...
 
 
 

Inspirasi Atap Dapur Belakang Rumah yang Tembus Cahaya, Ruangan Anti Lembab

 Desainrumahpedia.com -- Konsep dapur terbuka belakang ini semakin populer akhir-akhir ini. Dapur terbuka sendiri merupakan konsep pengembangan dapur sebagai tempat yang favorit dan menyenangkan yang ada didalam rumah. Menggunakan atap yang transparan dan tembus cahaya sebagai pengganti genteng...
 
 
 
 
Penulis    : Yuniar
Editor      : Munawaroh
Sumber   : Berbagai Sumber


Website Desainrumahpedia.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Desainrumahpedia.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain rumah, Desainrumahpedia.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.