Pesan Desain Rumah Silahkan Whatsapp : 085731598438

Kenali! 6 Tips Memilih Penyekat Ruangan untuk Rumah Minimalis Modern

Desainrumahpedia.com -- Modern kini, mencari rumah dengan ukuran yang lebih luas dan leluasa dengan harga yang sesuai kantong sangat sulit untuk ditemukan. Oleh karenanya, konsep rumah minimalis dan mungil sering dijadikan pilihan suatu hunian yang nyaman bersama keluarga. Untuk mensiasati keterbatasan ini, banyak konsep rumah dengan dekorasi yang tepat dapat membuat rumah menjadi lebih terlihat luas. Salah satunya adalah dengan  hadirnya partisi ruangan yang dapat dijadikan sebagai penyekat ruangan tanpa harus membuat dinding secara permanen. Beragamnya desain yang ditawarkan, membuat kebanyakan orang memilih menggunakan penyekat ruangan. Penyekat ruangan juga dapat menghemat tempat, cukup praktis untuk menangani masalah rumah minimalis modern.

Penyekat ruangan yang akan dibahas pada ulasan kali ini adalah jenis penyekat ruangan tidak permanen. Artinya penyekat ruangan dapat dipindahkan dengan mudah. Disini, Desainrumahpedia.com akan memberikan ulasan dalam Kenali! 6 Tips Memilih Penyekat Ruangan untuk Rumah Minimalis Modern. Mari kita simak bersama!


Siapkan Budget dan Cari Referensi Desain Partisi

Instagram@dianinterior

Menyiapkan budget pada saat ingin membeli suatu barang memang harus diperhitungkan. Dalam membeli partisi usahakan menyiapkan budget yang khusus. Hal ini dikarenakan desain partisi yang beragam membuat budget yang harus dikeluarkan juga tidak main-main. Terlebih penyekat ruangan yang diinginkan adalah penyekat ruangan dengan bahan khusus selain dinding. Untuk itu, siapkan estimasi budget yang dibutuhkan secara cermat agar cukup untuk desain partisi yang diinginkan. Anda juga dapat mencari berbagai berbagai referensi terlebih dahulu dalam pemilihan penyekat ruangan. Modern kini, partisi bukan hanya digunakan sebagai pemisah antar ruangan di rumah. Melainkan, kebanyakan dari mereka menggunakan penyekat ruangan juga sebagai dekorasi percantik interior rumah. 

Perlu diingat bahwa setiap bahan partisi memiliki karakter yang berbeda-beda. Untuk itu, anda harus benar-benar teliti dalam mengkombinasikannya agar terlihat lebih serasi dengan interior rumah.


Kenali Bahan-bahan Pembuatan Sekat Ruangan

Instagram@aa.home

Beberapa jenis bahan yang sering digunakan dapam pembuatan partisi adalah kayu, kaca, fiber dan bambu. Penyekat ruangan dengan menggunakan kayu biasanya dapat dibongkar dan dipindahkan dengan lebih mudah. Bahan kayu yang mudah dibentuk dapat dijadikan sabagai interior rumah yang termanfaatkan selain sebagai penyekat, juga dapat dijadikan sebagai tempat memajang dekorasi percantik ruangan. Untuk penyekat ruangan dari kaca, sangat cocok untuk digunakan pada rumah mungil. Karena kaca dapat memberikan suasana ruangan menjadi terlihat lebih luas. Penyekat ruangan dengan kaca biasanya memiliki ketebalan minimal 10 mm. Selanjutnya adalah fiber. dimana fiber begitu kuat dan dapat dijadikan sebagai pintu lipat. Yang terakhir adalah dengan bambu. Bambu sebagai penyekat ruangan akan memberikan kesan yang lebih natural. Semua bahan-bahan penyekat ruangan ini dapat disesuaikan dengan konsep rumah agar lebih serasi.


Tentukan Lokasi yang Tepat

Instagram@annavie_shop

Dalam menentukan lokasi penyekat ruangan memang tidak boleh dilakukan dengan sembarangnya. Tentukan fungsi ruangan terlebih dahulu untuk menentukan titik sekat yang tepat. Jangan biarkan ruangan tidak memiliki sekat yang sepandan, besar sebelah atau terlalu sempit. Hal ini juga berlaku untuk desain partisi permanen pada suatu rumah. Karena penyekat ruangan permanen tidak dapat dipindahkan dengan mudah. Sangat beda dengan partisi tidak permanen.


Membuat Rak Pajangan atau Furniture Built In

Instagram@betega_ip

Penyekat ruangan tak harus selalu dengan dinding, pintu maupun papan panjang. Pemilihan rak pajangan, rak buku atau furniture built in dapat dijadikan pilihan sebagai bentuk partisi lainnya. Biasanya rak-rak besar seperti rak pajangan atau rak buku memang digunakan sekaligus sebagai pemisah antar ruangan. Rak pajangan ini akan lebih berguna dan bermanfaat sebagai wadah yang fungsional dan sebagai dekorasi percantik ruangan. Dengan inovasi ini, pembuatan sekat ruangan dapat memiliki manfaat lain di luar fungsi utama sebagai pembatas antar ruangan.


Menentukan Desain Partisi yang Diinginkan

Instagram@partisi_ruangan_gantung

Tahap selanjutnya adalah dengan menentukan desain partisi yang diinginkan. Penyekat ruangan yang tertutup dapat berfungsi dengan begitu baik untuk anda yang menginginkan privasi secara penuh, tidak tembus pandang dan partisi benar-benar rapat. Atau anda juga dapat menggunakan penyekat ruangan pembatas semua. Artinya partisi ini hanya digunakan sebagai pembatas dan sekaligus sebagai dekorasi percantik ruangan. Biasanya jenis partisi ini yang paling sering adalah kaca tembus panjang. Partisi dengan bentuk ukiran atau sesuatu seperti karya seni biasanya memang digunakan hanya sebagai penentu ruangan, sehingga jikapun tidak tutup total partisi ini tetap menjadi pembatas antar ruangan.


Pilih Tipe Finishing dengan Cermat

Instagram@uwitan

Finishing partisi ruangan memang tidak boleh dilakukan secara sembarang, karena hal ini akan berpengaruh terhadap kualitas. Proses finishing dilakukan secara cermat agar penyekat ruangan terlihat lebih menarik dan tahan lebih lama. Dalam proses ini, anda dapat memilih warna cat senada dengan interior rumah, bahan transparan mana yang harus diperjelas, hinggan menentukan sistem pencahayaan yang tepat untuk membuat penyekat ruangan menjadi lebih sempurna. Nuansa interior rumah anda akan tetap harmonis tanpa adanya gangguan dari penempatan penyekat ruangan yang tidak tepat. Tahapan ini juga digunakan untuk mempercantik keberadaan penyekat ruangan dalam ruangan, menyerasikan dengan konsep rumah dan kehati-hatian dalam penempatannya.


Apakah anda sudah memikirkan sekat yang cocok untuk rumah minimalis modern anda? Ulasan diatas terkait Kenali! 6 Tips Memilih Penyekat Ruangan untuk Rumah Minimalis Modern, akan menjadi langkah-langkah yang tepat dan mudah untuk memaksimalkan fungsi penyekat ruangan. Selain itu, penyekat ruangan anda kan terlihat lebih eye catching. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi bagi anda.

Jika anda menginginkan lebih banyak inspirasi terkait desain rumah minimalis, dapat anda kunjungi dan ikuti facebook Inspirasi Desain Rumah Shabby Minimalis. Tinggalkan komen jika anda menginginkan desain khusus yang anda perlukan. Tetap semangat dan jaga kesehatan selalu :)






Penulis      : Arysca
Editor        : Munawaroh
Sumber     : Berbagai sumber


Website Desainrumahpedia.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Desainrumahpedia.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Desainrumahpedia.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.