6 Tips Manfaatkan Ruang Bawah Tangga Menjadi Tempat Nyaman Bersama Keluarga

Desainrumahpedia.com -- Memanfaatkan space kosong didalam rumah adalah hal yang wajib dan harus dilakukan agar rumah dapat seutuhnya berguna dengan baik. Terlebih ruang bawah tangga yang seringkali diabaikan dan dibiarkan kosong. Walaupun dengan space yang tidak luas, ruang bawah tangga dapat dimanfaatkan sepenuh sebagai ruang-ruang tertentu. Seperti ruang keluarga, ruang TV, ruang kerja bahkan sebagai tempat penyimpanan buku. Untuk itu, hunian berlantai 2 sangat disarankan untuk menggunakan tips berikut agar ruang bawah tangga tidak lagi untuk diabaikan.

Berikut, Desainrumahpedia.com akan memberikan 6 Tips Manfaatkan Ruang Bawah Tangga Menjadi Tempat Nyaman Bersama Keluarga. Langsung saja mari kita simak bersama!


Ruang Bawah Tangga sebagai Ruang TV dan Keluarga

Instagram@nitaramon

Membuat ruang tersendiri yang dapat digunakan sebagai ruang TV maupun ruang keluarga dapat membuat rumah menjadi tertata rapi. Untuk itu, jika dirasa suatu hunian kekurangan tempat, ruang bawah tangga dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Seperti halnya yang satu ini. Ruang TV yang menggunakan sepaket sofa dan karpet tebal dapat dijadikan sebagai ruang keluarga yang begitu nyaman. Dengan perpaduan warna yang digunakan yaitu warna cream pada seluruh ruangan, dapat membuat ruang TV dan ruang keluarga bawah tangga menjadi lebih terlihat hangat dan menenangkan. Sangat cocok bukan sebagai tempat berkumpul dan mengobrol bersama keluarga?


Desain Ruang Keluarga dengan Jendela Kaca Tepat Dibawah Tangga

Instagram@lizzamii_veil

Desain ruang keluarga tidak melulu dalam ruang tengah yang tertutup dan jauh dari pintu maupun jendela rumah. Desain ruang keluarga dengan jendela kaca tinggi pada ruang bawah tangga seperti ini juga sangat mungkin untuk diterapkan pada suatu hunian. Apalagi rumah berlantai 2 yang memiliki space kosong dibawah tangga, dapat anda manfaat sebagai ruang keluarga yang begitu nyaman. Ruang keluarga dengan sofa empuk yang dihadapkan tepat didepan jendela, membuat ruang keluarga ini menjadi lebih nyaman untuk ditempati. Terlebih dengan jendela yang dapat dibuka dan berhias sebuah tirai cantik, dapat membuat ruang keluarga menjadi lebih segar dan tidak pengap.


Ruang Bawah Tangga sebagai Tempat TV dan Rak Serbaguna

Instagram@arie_riyanthie

Jika ruang bawah tangga memiliki space yang tidak terlalu luas, anda tetap dapat menggunakannya sebagai ruang TV seperti pada ulasan yang satu ini. Ruang bawah tangga digunakan sebagai tempat TV dengan bagian bawah yang seperti sebuah panggung mini. TV ditempelkan pada dinding sehingga tidak perlu meja tambahan yang digunakan sebagai wadah TV. Lalu anda juga dapat menambahkan rak serbaguna disamping tempat TV ini. Rak serbaguna ini dapat anda gunakan sebagai tempat dekorasi rumah, tempat buku dan lan sebagainya.


Ruang Kerja Cozy Bawah Tangga

Instagram@mkhome_id

Ruang kerja pada suatu hunian sangat jarang mendapatkan ruangan khusus, kebanyakan dari mereka memakai ruangan yang sudah ada seperti ruang keluarga, ruang tamu bahkan ruang belajar. Untuk itu, jika anda sudah memiliki ruang keluarga sendiri ada baiknya menempatkan ruang kerja di ruang bawah tangga yang masih kosong. Anda dapat mendesain ruang kerja dengan kursi dan meja yang nyaman, rak serbaguna, serta barang-barang keperluan kerja lainnya untuk memudahkan kebutuhan kerja selama di rumah. Selain itu, anda juga dapat menempatkan beberapa tanaman untuk membuat ruang kerja bawah tangga anda menjadi lebih nyaman dan tidak pengap.


Nyamannya Ruang Berkumpul Bersama Keluarga Bawah Tangga

Instagram@dekorasiruangkeluarga

Terlihat begitu nyaman dengan penataan yang begitu rapi. Ruang berkumpul bersama keluarga ini terlihat begitu menyenangkan. Adanya sofa duduk dan juga batal kursi dapat dijadikan sekaligus sebagai dekorasi ruangan. Ruang berkumpul bersama keluarga untuk mengisi space kosong di bawah tangga ini juga dilengkapi dengan meja TV, sound sistem, kipas dan ruang hiasan pada rak dinding lainnya. Anda juga dapat menambahkan karpet yang nyaman, yang dapat digunakan sebagai tempat bersantai sembari menonton TV.


Rak Buku Rapi Mengisi Ruang Bawah Tangga

Instagram@lina_ningsihhoedaya

Jika anda memiliki banyak buku di rumah, anda dapat menempatkannya dalam sebuah rak buku yang tertata rapi di bawah tangga. Rak buku ini dibentuk sesuai dengan space kosong bawah tangga, sehingga desain rak juga lebih terlihat cantik. Selain dapat termanfaatkan dengan baik, rak buku bawah tangga ini juga dapat dijadikan sebagai dekorasi rumah yang terlihat begitu mengesankan. Buku-buku anda akan tertata dengan begitu rapi, dan dapat memudahkan anda untuk menemukan buku yang dibutuhkan.



Kreasikan desain yang anda inginkan dengan referensi-referensi desain yang ada. Termasuk desain yang tersaji pada ulasan diatas mengenai 6 Tips Manfaatkan Ruang Bawah Tangga Menjadi Tempat Nyaman Bersama Keluarga. Semoga artikel ini dapat membantu anda menentukan pilihan desain yang tepat. Semoga menginspirasi dan bermanfaat untuk anda.

Jika anda menginginkan lebih banyak inspirasi terkait desain rumah minimalis, dapat anda kunjungi dan ikuti facebook Inspirasi Desain Rumah Shabby Minimalis. Tinggalkan komen jika anda menginginkan desain khusus yang anda perlukan. Tetap semangat dan jaga kesehatan selalu :)






Penulis      : Arysca
Editor        : Munawaroh
Sumber     : Berbagai sumber


Website Desainrumahpedia.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Desainrumahpedia.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Desainrumahpedia.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.