Menyulap Area Bawah Tangga Menjadi Ruangan Fungsional, Lihat 7 Desain Ini

 


Desainrumahpedia.com -- Area dibawah tangga seringkali menjadi ruangan yang teraibaikan begitu saja. Namun ternyata tahukah anda space dibawah tangga bisa disulap menjadi ruangan yang fungsional. Apalagi jika anda memiliki space ruang yang terbatas, memanfaatkan area bawah tangga menjadi hal sangat bermanfaat bagi anda. 

Terdapat berbagai ruang yang bisa anda ciptakan di bawah tangga sesuai dengan kebutuhan. Misalnya ruang penyimpanan, perpustakaan mini, ruang makan, ruang TV hingga ruang tamu yang nyaman. Sebagai referensi anda, kali ini Desainrumahpedia.com akan membagikan beberapa tips untuk menyulap area bawah tangga menjadi ruangan fungsional. Penasaran kan seperti apa? Yuk simak ulasannya dibawah ini.


Menyulap area bawah tangga menjadi ruang TV atau ruang keluarga 

by : @avie_novi

Memanfaatkan ruangan fungsional dibawah tangga yang pertama adalah menjadikannya sebagai ruang keluarga yang nyaman. Ruang TV atau biasa disebut sebagai ruang keluarga identik dengan ruang untuk bersantai atau sekedar berkumpul bersama keluarga. 
Daripada membiarkannya kosong, anda bisa memanfaatkannya sebagai ruang keluarga dengan menempatkan meja TV fungsional dengan kabinet pada bagian bawah. Apabila anda memiliki anak kecil, lebih baik anda bisa menempelkan TV pada dinding untuk lebih aman dari jangkauan anak-anak. Untuk tempat duduk, anda bisa mengkombinasikan dengan sofa sekaligus karpet, karena ruang keluarga dengan konsep lesehan juga tidak kalah nyaman. 


Menyulap ruang bawah tangga menjadi perpustakaan mini



by : @citraki


Apabila anda memiliki hobi membaca dan juga koleksi buku, memanfaatkan area bawah tangga menjadi perpustakaan mini merupakan ide yang bisa anda terapkan dirumah. Anda bisa mendekorasi area ini menjadi rak buku dengan desain yang cantik. Selain cantik, area bawah tangga ini juga dilengkapi dengan tempat duduk yang nyaman lengkap dengan bantalan empuk yang cozy.
Tambahkan beberapa tanaman disampinya agar suasana membaca anda terasa lebih asri.


Memanfaatkan ruang bawah tangga menjadi dapur yang cantik


by : @dian.safaraz

Ruang fungsional dibawah tangga berikutnya adalah area dapur. Apabila anda memiliki space ruang hunian yang terbatas, menghadirkan dapur diarea bawah tangga merupakan alternatif yang tepat. Kitchen set dapur memanfaatkan nuansa hijau yang menawan. Penggunaan kitchen set pada dapur bawah tangga juga membuat tampilan dapur lebih rapi.
Pilihlah peralatan dapur yang multifungsi sehingga membantu menghemat space ruangan yang tersedia. 



Memanfaatkan ruang bawah tangga menjadi mushola


by : @myla.place

Area bawah tangga selanjutnya dimanfaatkan sebagai ruang mushola. Space dibawah tangga ini memiliki ukuran yang minimali yaitu 2x1 meter namun terlihat lapang dengan penggunaan partisi ruangan dengan bentuk akar.
Tambahkan dekorasi cermin besar untuk menciptakan visual ruangan terlihat lebih luas. Tangga disudut ruangan berfungsi sebagai gantungan sajadah. 

Memanfaatkan ruang bawah tangga menjadi kolam ikan 



by : @nirwana8_home

Apakah anda ingin menghadirkan kolam didalam rumah, area bawah tangga kali ini bisa menjadi salah satu referensi bagi anda.  Kolam ikan ini didesain minimalis dengan bentuk persegi panjang dengan dinding air mancur yang menawan. Sedangkan pada dinding mengaplikasikan material batu alam yang memberikan kesan hunian yang lebih alami.
Area kolam ini berdampingan dengan ruang dapur dan juga ruang makan, sehingga suasana memasak dan makan bersama pun akan sangat menyenangkan bukan?


Memanfaatkan ruang bawah tangga menjadi ruang makan yang cozy


by : @nuy_home


Ide menarik berikutnya yaitu menyulap area bawah tangga menjadi ruang makan yang nyaman. Desain tangga didesain menarik dengan material kayu yang terlihat selaras dengan lantai rumah sehingga membuat tampilan terlihat lebih elegan.
Ruang makan dibawah tangga ini didesain sederhana lengkap dengan meja dan kursi makan untuk kapasitas empat orang cocok bagi anda yang memiliki keluarga kecil. Padukan meja dan kursi makan berbahan ayu yang serasi dengan konsep rumah sehingga ruangan akan terlihat lebih harmonis.




Memanfaatkan ruang bawah tangga menjadi ruang tamu

by : @varita_lucky

Ide ruangan dibawah tangga yag terakhir yaitu memanfaatkan sebagai area ruang tamu minimalis yang nyaman. Warna putih dipilih sebagai tema interior hunian untuk menciptakan kesan ruangan yang berukuran 2x3 meter ini nampak lebih luas. Kombinasikan dengan sofa berwarna netral dengan meja tamu fungsional dengan kabinet dibagian bawah, sehingga bisa anda manfaatkan sebagai storage tambahan.


Nah itulah beberapa inspirasi ide menyulap area bawah tangga menjadi ruangan yang fungsional yang telah dirangkum oleh Desainrumahpedia.com. Dari beberapa ide diatas, manakah inspirasi ide yang paling menarik untuk anda?


Bagi Anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Inspirasi Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis     : Hafsah

Editor      : Munawaroh

Sumber      : Berbagai sumber


Website Desainrumahpedia.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Desainrumahpedia.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Desainrumahpedia.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.