Pesan Desain Rumah Silahkan Whatsapp : 085731598438

6 Desain Dapur Belakang Rumah yang Menyatu dengan Tempat Jemuran Pakaian

Desainrumahpedia.com -- Rumah minimalis identik dengan keterbatasan lahan. Biasanya lahan habis untuk desain rumah saja, tanpa menyisakan lahan yang dapat digunakan untuk memperluas teras depan maupun teras belakang. Dengan tidak adanya teras belakang, seringkali membuat penghuni rumah bingung terkait penempatan jemuran pakaian. Padahal pakaian basah membutuhkan tempat jemuran dengan pencahayaan yang cukup. Selain itu, jemuran pakaian juga membutuhkan tempat yang luas apabila penghuni rumah cukup sama. Walaupun terdapat pengering pakaian instan, namun kebanyakan orang lebih puas dengan menjemur pakaian di bawah sinar matahari langsung.

Nah, seringkali desain dapur rumah menjadi salah satu pilihan yang digunakan untuk pembagian tempat dengan jemuran pakaian. Karena tempatnya pada bagian belakang rumah, sehingga penataannya seringkali diabaikan. Untuk itu, Desainrumahpedia.com akan memberikan 6 Desain Dapur Belakang Rumah yang Menyatu dengan Tempat Jemuran Pakaian. Mari kita simak bersama !


Dapur Berdampingan dengan Tempat Jemuran Pakaian Beratap Transparan

Instagram@ruangcucimungil

Desain dapur belakang rumah yang menyatu dengan tempat jemuran pakaian yang pertama ini di desain secara berdampingan. Penataannya cukup rapi dengan pembatan kaca yang digunakan. Belum lagi desain dapur rumah yang terlihat seperti rumah panggung dari kayu. Penampilannya terlihat begitu klasik. Jemuran disampingnya memiliki atap transparan dan mendapatkan banyak cahaya matahari secara langsung. Tempat jemuran pakaian memiliki ukuran yang tidak terlalu luas, namun cukup untuk menjemur banyak pakaian. Tidak menggunakan tali jemuran, namun menggunakan rak pakaian gantung sehingga lebih dapat meminimalisir tempat jemuran.


Desain Pembatas Dinding untuk Dapur Rumah dengan Tempat Jemuran Pakaian

Instagram@rumah_arkana

Tempat jemuran pakaian kali ini didesain dengan begitu minimalis. Tempat jemuran dengan dapur ini dibatasi dengan dinding pembatas. Tempatnya begitu minimalis membuat pakaian dijemur dengan menggunakan gantungan agar lebih meminimalisir tempat. Anda dapat membuat tali jemuran sesuai dengan ukuran tempat jemuran pakaian, cukup 1 atau 2 tali saja sudah membuat tempat jemuran pakaian anda semakin banyak untuk bisa tempati. Atap jemuran juga menggunakan atap transparan, namun untuk dapur tetap menggunakan langit-langit rumah.


Tempat Jemuran Pakaian yang Alami dengan Tanaman Hijau

Instagram@rumahazkaa

Desain jemuran pakaian yang menyatu dengan dapur belakang rumah dapat di desain dengan alami. Kuncinya adalah dengan menempatkan tanaman hijau pada sekitar area tempat jemuran. Terlebih dengan pemakaian lantai kayu dan rumput hias semakin terlihat lebih segar alami. Jemuran pakaian tidak memiliki atap namun pada bagian mesin cuci diberi atap kaca. Sehingga pakaian lebih cepat kering dengan cahaya matahari langsung.


Dapur Belakang Menyatu dengan Tempat Mencuci dan Menjemur Pakaian

Instagram@ruri_ferori

Lantai kayu untuk desain dapur dengan tempat mencuci ini memberi kesan yang begitu alami dengan lebih bernuansa vintage. Tempat mencuci pakaian dibedakan dengan memberi batu yang mengelilingi. Dan untuk tempat jemuran, dapat anda letakkan disebelah tempat cuci dengan menggunakan rak pakaian gantung agar lebih terlihat rapi dan mudah dibersihkan. Terlebih dengan lantai kayu yang harus sering dibersihkan apalagi terkena air terlalu sering. Tempat mencuci pakaian ini termasuk tempat yang kering, sehingga harus sering juga untuk dibersihkan.


Tempat Menjemur Pakaian Menyatu dengan Dapur Rumah yang Terang 

Instagram@mamadiahdee

Nuansa terang pada dapur dan tempat mencuci serta menjemur pakaian ini didapatkan dari atap transparan yang membuat cahaya matahari langsung masuk kedalam ruangan. Kedua ruangan ini terlihat begitu luas dengan penataan seperti taman kering dengan batu dan rumput hias. Tempat jemuran pakaian berada pada paling ujung ruangan, yang sedikit berjauhan dengan area dapur dan tempat makan. Penataan batu dan rumput hias dapat digunakan sebagai pembatas antara area dapur dengan tempat jemuran pakaian.


Dapur Belakang Rumah dengan Tempat Jemuran Pakaian pada Lorong Terbuka

Instagram@rumanadisya

Lahan sisa pada samping dapur belakang rumah ini dapat anda gunakan sebagai tempat menjemur pakaian yang langsung terpapar oleh sinar matahari langsung. Seperti lorong outdoor yang dapat digunakan sebagai teras dapur belakang rumah dengan penataan tanaman hias, dan sekaligus sebagai tempat menjemur pakaian. Tempat menjemur pakaian ini tidak akan mengganggu keindahan dapur rumah karena letaknya yang diluar dengan pembatas pintu geser kaca.



Nah itulah 6 Desain Dapur Belakang Rumah yang Menyatu dengan Tempat Jemuran Pakaian yang dapat anda tiru di rumah. Desainnya tidak sulit, hanya memerlukan penataan yang baik agar tempatnya juga lebih bersih dan tidak memberikan kesan yang sempit. Pembagian dapur dengan tempat menjemur pakaian dibuat dengan memanfaatkan lahan sedikit yang tersisa dari lahan dapur. Semoga menginspirasi. 

Jika anda menginginkan lebih banyak inspirasi terkait desain rumah minimalis, dapat anda kunjungi dan ikuti facebook Inspirasi Desain Rumah Shabby Minimalis. Tinggalkan komen jika anda menginginkan desain khusus yang anda perlukan. Tetap semangat dan jaga kesehatan selalu :)








Penulis      : Arysca
Editor        : Munawaroh
Sumber     : Berbagai sumber


Website Desainrumahpedia.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Desainrumahpedia.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Desainrumahpedia.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.