Inspirasi Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC, Solusi Rumah Dimusim Kemarau

Desainrumahpedia.com -- Indonesia termasuk negara tropis yang apabila memasuki musim panas, udaranya juga begitu panas. Oleh karena itu, kini banyak rumah-rumah yang menggunakan AC untuk mendinginkan rumah mereka. Padahal penggunaan AC juga dapat melubangi lapisan ozon sebagai akibat dari efek rumah kaca. Untuk itu diperlukan kesadaran untuk dapat mengurangi penggunaan AC pada rumah-rumah pribadi. Membuat rumah sejuk bukan hanya dapat dilakukan dengan pemasangan AC loh. Dapat dilakukan dengan berbagai cara yang akan kita bahas setelah ini.

Nah berikut, Desainrumahpedia.com akan memberikan beberapa Inspirasi Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC, Solusi Rumah Dimusim Kemarau. Langsung saja kita simak bersama !


Memperbanyak Tanaman Hijau Disekitar Rumah

Instagram@desifatmawati31

Seperti yang kita ketahui bahwa berbagai tanaman dapat membuat udara semakin sejuk dan segar. Untuk itu, memperbanyak tanaman hijau disekitar rumah dapat menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan agar rumah sejuk tanpa AC. Selain untuk menyejukkan rumah, tanaman juga dapat membuat rumah asri dan tidak terlihat gersang. Rumah yang gersang tanpa adanya tanaman inilah yang membuat rumah panas dan selalu gerah. Untuk itu, penanaman tanamn hias, tanaman hijau yang beragam dapat menjadikan rumah semakin sehat dengan selalu menghirup udara bersih setiap hari.


Memasang Jendela yang Tinggi dan Besar

Instagram@rumah_3g

Selain memperbanyak tanaman, rumah juga harus memiliki ventilasi yang cukup. Hal ini dapat dilakukan dengan pemasangan jendela besar dan tinggi untuk rumah anda. Sangat disarankan menggunakan jendela yang dapat dibuka dengan lebar. Dengan jendela yang dapat dibuka dengan lebar, dapat membuat seisi rumah menjadi lebih sejuk dengan udara bersih yang berganti. Selain itu, dengan penggunaan interior alami yang didapatkan dari dekorasi kayu dan tanaman dalam rumah. Anda dapat menerapkan konsep rumah dengan suasana etnik untuk membuat rumah lebih sejuk dan menyegarkan, sehingga rumah sejuk tanpa ac.


Gunakan Tirai pada Jendela

Instagram@evieninon

Adanya jendela rumah yang tinggi dan besar juga dapat membuat rumah panas dari cahaya matahari pada siang hari. Untuk itu pemasangan jendela harus diseimbangi dengan pemasangan tirai untuk menutupi jendela dan menghalau cahaya matahari yang masuk kedalam rumah. Gunakan tirai jendela yang tidak terlalu tebal, agar udara tetap dapat masuk dan membuat rumah merasakan semilir angin dan membuat rumah sejuk tanpa AC. Selain itu tirai jendela juga dapat melindungi seisi rumah agar tidak terlihat tampilannya saja dari rumah.


Biarkan Udara Masuk dengan Bebas 

Instagram@avie_novi

Menggunakan pintu geser pada kamar yang langsung terhubung dengan luar, cocok dijadikan salah satu pilihan untuk membuat kamar tetap dalam keadaan yang menyejukkan. Selain itu, apabila panas dimalam hari dengan adanya pintu kamar geser juga dapat dijadikan akses udara masuk kedalam kamar. Kini, kamar rumah seringkali memiliki AC sendiri. Untuk ini, pintu geser yang dapat dijadikan akses keluar masuknya udara yang menyejukkan menjadi pilihan yang tepat untuk anda.


Membuat Space yang Cukup Luas Antar Tiap Ruangan

Instagram@ulyarosyta

Terkadang rumah yang memberikan space kecil antar ruangan, dapat membuat rumah semakin gerah dan terlihat lebih tidak leluasa. Untuk itu, usahakan rumah memiliki space yang cukup antar ruangan. Selain itu, space yang cukup dapat membuat seluruh aktivitas di rumah dapat dilakukan dengan lebih leluasa. Space yang luas antar ruangan juga dapat dijadikan tempat meletakkan tanaman hijau untuk menambahkan kesejukkan di dalam rumah.


Memanfaatkan Teras Rumah untuk Membuat Rumah semakin Asri

Instagram@yuliaulva

Teras rumah dapat dimanfaatkan sebagai taman rumah dengan menghadirkan banyak tanaman. Adanya taman pada rumah dapat membuat rumah menjadi lebih asri. Keasrian rumah dapat membuat rumah menjadi lebih sejuk dan segar setiap hari. Taman rumah juga dapat dijadikan sebagai tempat bersantai sembari menghirup udara bersih dan semilir angin yang menyejukkan.



Nah itulah beberapa Inspirasi Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC, Solusi Rumah Dimusim Kemarau. Semoga ulasan diatas dapat menginspirasi dan menjadi referensi untuk menjadikan rumah anda menjadi lebih sejuk dan segar. Dengan mengurangi penggunaan AC pada rumah, dapat ikut berperan dalam mengurangi pemanasan global. Penggunaan AC juga bukan satu-satunya yang dapat menyejukkan rumah, karena AC dapat digantikan dengan penggunaan kipas angin yang lebih aman. Semoga bermanfaat.

Jika anda menginginkan lebih banyak inspirasi terkait desain rumah minimalis, dapat anda kunjungi dan ikuti facebook Inspirasi Desain Rumah Shabby Minimalis. Tinggalkan komen jika anda menginginkan desain khusus yang anda perlukan. Tetap semangat dan jaga kesehatan selalu :)






Penulis      : Arysca
Editor        : Munawaroh
Sumber     : Berbagai sumber


Website Desainrumahpedia.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Desainrumahpedia.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Desainrumahpedia.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.