Desain Terbaru, Cara Membuat Taman Kecil Di Depan Rumah

Desainrumahpedia.com -- Memiliki udara yang bersih di lingkungan rumah menjadi salah satu syarat dari rumah sehat. Udara yang bersih yang didapatkan di rumah setelah seharian beraktifitas diluar rumah dengan banyaknya polusi udara, sangat dibutuhkan oleh semua orang. Udara kotor dapat di netralisir dengan udara bersih dari tanaman hijau yang ada di rumah. Peran tanaman yang sangat penting untuk kesehatan dapat menjadikan taman rumah sebagai salah satu tempat yang diharuskan ada dalam suatu hunian. Oleh karena itu, cara pembuatan taman di rumah harus diperhitungkan. Tidak perlu membuat taman yang luas, untuk taman kecilpun masih memiliki banyak manfaat untuk seluruh penghuni rumah.

Nah, berikut Desainrumahpedia.com akan memberikan beberapa Desain Terbaru, Cara Membuat Taman Kecil Di Depan Rumah, yang dapat anda jadikan referensi di rumah. Selamat membaca :)


Siapkan Lahan yang Akan Dijadikan Sebuah Taman

cc:Instagram@lulu_lugiantri

Persiapan lahan untuk sebuah taman sangat perlu dipertimbangkan, mulai dari luas area hingga tata letak taman yang akan digunakan. Untuk pembuatan taman kecil memang tidak perlu membutuhkan luas area yang besar, hanya saja tetap diperhitungkan agar dapat disesuaikan dengan tema taman dan pemilihan jenis tanaman. Untuk area yang kecil, anda menyiapkan desain untuk taman minimalis. Taman minimalis dapat dipercantik dengan penataan tanaman kecil agar taman tidak terlihat sumpek. Penanaman sayur juga dapat menjadi salah satu pilihan yang dapat digunakan untuk taman kecil di depan rumah.


Pertimbangan Tata Letak Penempatan Taman

cc:Instagram@tytyarini

Tata letak taman kecil di depan rumah harus diperhatikan, karena hal ini juga melihat seberapa luas area yang akan digunakan. Jika memang tetap  menginginkan pembuatan taman kecil di depan rumah namun lahan masih kurang memungkinkan, dapat dicoba dengan menempatkan tata letak taman dengan mengalihkan fungsi teras sebagai sebuah taman teras minimalis. Hal ini juga dapat memperindah tampilan teras yang lebih terlihat asri.


Tentukan Desain dan Tema Taman Kecil Depan Rumah 

cc:Instagram@regapealinarni

Penentuan desain dan tema taman rumah dapat disesuaikan dengan fungsi yang ingin didapatkan. Jika ingin mendapatkan hasil panen sayur dari taman pribadi, tema taman dapat dibuat sebagai taman holtikultura. Jika menginginkan sebuah taman yang berwarna-warni, taman di desain dengan berbagai macam tanaman bunga. Dan jika menginginkan taman yang dapat mempercantik dan menghasilkan banyak udara bersih, taman dapat ditanami dengan berbagai macam tumbuhan hijau dan bunga-bunga pilihan. 

Desain dan tema taman juga dapat disesuaikan dengan luas lahan dan tata letaknya. Agar desain yang dibuat lebih sesuai dan lebih terlihat indah.


Pilih dan Siapkan Tanaman Penghuni Taman

cc:Instagram@dessy_sridiastuti89

Langkah selanjutnya setelah lahan taman siap untuk digunakan adalah dengan memilih dan menyiapkan tanaman yang ingin ditanam. Dalam tahap ini usahakan memilih tanaman yang cocok  dengan iklim dan cuaca di lingkungan rumah. Sesuaikan juga ukuran tanaman dengan luas taman. Jangan memilih tanaman yang berbatang dan berkayu besar untuk jenis taman kecil di depan rumah. Usahakan memilih tanaman yang lebih mudah untuk ditanam. Anda juga dapat menyiapkan media tanam seperti pot, apabila tanaman yang diinginkan lebih cocok untuk tanaman dalam pot ataupun jika taman yang dibuat adalah jenis taman vertikal.


Buatlah Sistem Drainase yang Baik

cc:Instagram@rarakoma

Saluran air atau biasa disebut dengan drainase menjadi hal penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan taman. Saluran air berfungsi untuk mengatur jalannya air dan menyerap kelebihan air agar tidak terjadi genangan. Tanah yang terlalu basah dan becek ketika diinjak, akan menyebabkan tanaman mudah membusuk. Sehingga kondisi tanah harus dipastikan dalam kondisi yang normal agar pertumbuhan tanaman baik dan subur.


Rawatlah Taman dengan Baik

cc:Instagram@novita_ken_suwarno

Cara membuat taman kecil di depan rumah tidak hanya sampai pada penanaman tanaman dan penataannya saja. Setelah itu perawatan harus dilakukan secara rutin dan konsisten, yaitu dengan menyirami air secara rutin setiap hari, memberi pupuk organik agar tanaman subur dan membersihkan taman dari tanaman-tanaman liar maupun sampah yang tidak sengaja terbuang. Selain itu, menghilangkan daun-daun dan batang-batang yang kering juga harus dilakukan secara rutin agar pertumbuhan tanaman tidak terganggu.




Nah itulah beberapa Desain Terbaru, Cara Membuat Taman Kecil Di Depan Rumah. Melalui cara dan tahapan pembuatan taman kecil diatas, anda dapat membuat tampilan rumah terlihat lebih cantik dan memukau. Depan rumah yang memiliki lahan terbatas nyatanya dapat dijadikan sebuah taman yang asri dan menyegarkan suasana bukan?

Semoga menginspirasi anda dalam pembuatan taman di rumah. Tetap semangat dan selalu jaga kesehatan ya :)




Penulis      : Arysca
Editor        : Munawaroh
Sumber     : Berbagai sumber


Website Desainrumahpedia.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Desainrumahpedia.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Desainrumahpedia.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.