Inspirasi Penataan Ruang Tamu dari yang Sederhana Hingga Mewah

 


Desainrumahpedia.com -- Ruang tamu merupakan salah satu ruangan yang memiliki fungsi esensial pada suatu hunian karena letaknya yang berada paling depan. Ruang ini lah yang pertama kali akan dilihat oleh tamu yang datang berkunjung dirumah anda. Hal ini menjadi salah satu alasan kenapa ruang tamu harus didesain secantik dan senyaman mungkin agar tamu anda betah berada dirumah anda.

Terdapat beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam mendesain ruang tamu yang menawan. Nah daripada anda kebingungan, kali ini Desainrumahpedia.com akan memberikan beberapa inspirasi ruang tamu dari yang sederhana hingga mewah yang bisa anda jadikan referensi. Anda penasaran? Yuk langsung simak ulasannya dibawah ini.


Inspirasi ruang tamu dengan dekorasi lukisan yang menawan

Living room by : @dilahomedecorlover

Hal sederhana yang bisa menjadikan ruang tamu anda terasa lebih cantik yaitu dengan menempatkan hiasan dinding atau walldecor. Memasukan unsur seni pada hunian mampu memberikan kesan ruang tamu yang menawan dan elegan. Apabila anda menyukai lukisan, seperti pada desain diatas, anda bisa menempatkannya pada dinding.
Kombinasikan dengan walldecor yang akan mempercantik penampilan ruang tamu. Karena memiliki space yang terbatas, anda bisa memilih kursi sofa dengan kapasitas dua dudukan untuk menghindari kesan sesak pada ruangan.

Inspirasi ruang tamu dengan jendela yang besar


Living room by : @drg_diahnovi

Menghadirkan jendela besar pada ruang tamu minimalis merupakan salah satu cara menyiasati agar ruangan terasa lebih luas. Anda bisa menempatkan sofa berada didekat jendela seperti pada gambar agar terlihat lebih lapang. Kombinasikan dengan meja tamu dengan material kayu yang dibawahnya terdapat karpet untuk menambah kesan homey.
Penggunaan dinding batu bata eskpos juga membuat tampilan ruangan anda terlihat elegan. Sedangkan penggunaan lantai vinyl menciptakan suasana yang hangat dan membuat tamu anda betah berada dirumah anda.


Inspirasi ruang tamu minimalis dengan gaya modern vintage



Living room by : @evita_laz

Agar ruang tamu anda terlihat lebih segar, anda bisa memasukan unsur tanaman hias. Kehadiran tanaman hias didalam ruangan selain mempercantik penampilan, juga membantu sebagai filter udara. Ruang tamu ini berukuran minimalis 2,75x3,25 namun tetap terasa nyaman dengan pemilihan yang tepat.
Agar ruangan ini tidak terlihat sempit pemilik memilih gaya modern vintage yang furnitur dan elemen dekorasi berukuran minimalis. Desainnya yang simple pilihan warna yang netral membuat ruang tamu ini terasa homey.



Inspirasi ruang tamu minimalis dengan aksen gold



Living room by : @nuy_home


Untuk menciptakan suasana ruang tamu yang homey, anda bisa mengaplikasikan nuansa warna netral seperti cream dan juga coklat seperti pada gambar. Agar dinding ruang tamu tidak terlihat polos, anda bisa mencoba teknik molding yang akan membuat kesan elegan pada ruangan. Tambahkan dekorasi jam dengan warna emas memberikan kesan mewah pada hunian.
Sedangkan untuk pemiliha sofa anda bisa memakai sofa dengan kapasitas tiga dudukan lengkap dengan cushion untuk menambah kenyamanan. Kombinasikan dengan coffee table dengan bentuk circle untuk memberikan kesan lebih lapang.


Inspirasi ruang tamu minimalis dengan nuansa lilac


Living room by : @vtitania

Mengaplikasikan warna lilac untuk interior ruang tamu merupakan ide menarik yang bisa anda coba dirumah. Saat ini warna lilac sedang menjadi tren primadona pad dunia fashion, namun tidak ada salahnya anda mengaplikasikannya pada hunian yang akan memebuat kesan lebih mewah.

Bila anda ingin ruang tamu anda terlihat anggun warna lilac ini bisa menjadi pilihan. Aplikasikan pada sofa seperti pada gambar, tambahkan juga beberapa cushion dengan bentuk menggemaskan sebagai dekorasi untuk mempercantik penampilan. Selanjutnya anda bisa mengaplikasikan pada karpet untuk memberikan kesan hangat pada hunian.


Nah itulah beberapa inspirasi penataan ruang yamu dari sederhana hingga mewah yang bisa anda aplikasikan dirumah. Dari beberapa desain ruang tamu diatas, manakah desain favorit anda? Semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi anda.


Penulis     : Hafsah

Editor      : Munawaroh

Sumber      : Berbagai sumber