Inspirasi Model Tangga Minimalis Untuk Rumah Sederhana dengan Ruangan Sempit

 


Desainrumahpedia.com -- Memiliki rumah bertingkat merupakan salah satu cara menyiasati hunian dengan lahan terbatas. Nah hal yang perlu anda perhatikan ketika membangun rumah bertingkat yaitu desain tangga pada hunian anda. Mendesain tangga pada rumah minimali dengan space ruang yang kecil termasuk gampang-gampang susah.

Karena ketika kita mendesain tangga harus mempertimbangkan beberapa hal diantaranya ukuran anak tangga yang ideal agar tetap aman, dan juga memilih desain tangga yang cocok untuk hunian minimalis agar tidak membuat space terasa penuh. Nah kali ini Desainrumahpedia.com akan memberikan beberapa inspirasi model tangga minimali untuk rumah sederhana dengan ruangan sempit. Yuk langsung simak ulasan lengkapnya dibawah ini.


Inspirasi model tangga minimalis berbentuk U

Desain by : @cintamorliebe


Inspirasi model pertama kita akan bahas, mengaplikasikan model tangga minimalis dengan bentuk U. Model tangga bentuk U sudah sering kita jumpai pada hunian minimalis karena tidak memakan terlalu banyak space ruang untuk mengaplikasikannya. Memiliki bentuk menyerupai bentuk huruf U yang berbelok, cocok anda aplikasikan pada desain rumah minimalis dengan ruangan sempit.
Desain tangga diatas mengaplikasikan material kayu yang memberikan kesan hangat pada hunian. Ukuran tangga yang ideal untuk sebuah hunian yaitu memiliki panjang kira-kira 80 cm sehingga tangga tidak terlalu mengambil banyak space. Sedangkan lebarnya sekitar 27-30 cm yang cukup untuk satu pijakan telapak kaki. Sebagai dekorasi anda bisa menambahkan cermin diarea bordes tangga yang akan membuat ruangan terasa lebih lapang.


Inspirasi model tangga minimalis dengan sentuhan keramik mozaik


Desain by : @ferikapratiwi


Memberikan sentuhan yang unik pada desain tangga minimalis bisa anda aplikasikan dengan menggunakan kombinasi keramik dengan motif mozaik yang cantik seperti pada gambar. Sedangkan pada pijakannya anda bisa mengkombinasikannya dengan lantai vinyl untuk memberikan kesan yang lebih homey.
Tambahkan hiasan macrame yang menarik pada dinding tangga untuk mempercantik penampilan. Anda Juga bisa meletakkan tanaman kering pada bordes tangga sebagai dekorasi.


Inspirasi model tangga minimalis berbentuk spiral 


Desain by : @littlemoyahome

Model tangga minimalis selanjutnya yang cocok diaplikasikan pada rumah minimalis dengan space ruang tidak terlalu luas, yaitu tangga dengan model spiral. Tangga ini sering disebut juga dengan nama tangga putar. Selain itu tangga spiral juga memiliki model desain yang beragam yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan.
Space area tangga besi ini berukuran minimalis yaitu 1,6x1,5meter. Sedangkan untuk total anak tangganya yaitu ada 15 buah. Model tangga ini juga tidak full melingkar (terdapat bagian melingkar hanya  7 anak tangga di tengah). Hal itu bertujuan untuk memudahkan mobilitas pengguna tangga dan  menghindari pusing. Material tangga meruakan kombinasi antara material kayu dan juga besi yang kokoh dengan railing tangga berwarna putih yang nampak selaras dengan konsep hunian minimalis.



Inspirasi model tangga minimalis dengan sentuhan alami



Desain by : @rumahpelangi_id


Anda ingin memiliki hunian dengan nuansa yang alami? Desain tangga minimalis dengan sentuhan batu alam pada dinding ini bisa menjadi referensi. Mengusung konsep scandinavian, terlihat dengan kombinasi antara matrial kayu dan juga dominasi warna putih. Sekilas tangga ini memiliki kemiripan dengan desain tangga melayang. 
Selain memiliki penampilan dengan nilai estetika yang menawan tangga ini memiliki material kayu yang kokoh. Tangga ini didesain dengan railing tangga dengan material besi berwarna putih yang dikombinasikan dengan material kayu untuk memberikan sentuhan minimalis dan modern.

Inspirasi model tangga minimalis berbentuk lurus


Desain by : @susansalicka

Model tangga yang terakhir memiliki bentuk lurus memanjang tanpa andanya belokan. Memberikan sentuhan tanaman hijau pada pada area tangga mampu memberrikan suasana yang asri pada area tersebut. Desain anak tangga dibuat tidak terlalu curam dan juga dengan railing sehingga lebih aman untuk dilewati anak-anak.
Untuk memberkan kesan yang tinggi, anda bisa menambah wallpaper denga motif gastis vertikal seperti pada gambar.

Nah itulah beberapa desain inspirasi model tangga untuk sebuah sederhana dengan ruangan sempit yang bisa anda aplikasikan pada hunian. Semoga ulasan diata bermanfaat bagi anda yang singin merenovasi dan juga membangun sebuah hunian.

Bagi Anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Inspirasi Rumah Shabby Minimalis.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.


Penulis     : Hafsah
Editor      : Munawaroh
Sumber      : Berbagai sumber

Website Desainrumahpedia.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Desainrumahpedia.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Desainrumahpedia.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.