Desain dan Panduan Ukuran Tinggi Meja Dapur Ideal untuk Rumah Minimalis

Desainrumahpedia.com -- Pembuatan meja dapur menjadi salah satu hal yang krusial dan perlu diperhatikan. Mulai dari ukuran dan juga desainnya. Hal ini dilakukan agar meja dapur nyaman sebagai tempat memasak. Ukuran meja dapur juga perlu diperhatikan, karena selain faktor kenyamanan, meja dapur juga sebagai penentu keamanan dalam memasak. Anda harus memperhatikan ukuran meja dapur mulai panjang, lebar dan tingginya. Apalagi untuk ukuran rumah minimalis, ukurannya disesuaikan dengan luas ruangan yang ada. Untuk itu perlu adanya perhatian khusus yang menjadi penentu untuk ukuran-ukuran yang ingin ditetapkan.

Nah berikut Desainrumahpedia.com akan memberikan beberapa Desain dan Panduan Ukuran Tinggi Meja Dapur Ideal untuk Rumah Minimalis, yang pastinya dapat membantu anda untuk menentukan ukuran yang pas untuk meja dapur di rumah. Selamaat membaca :)



Perhatikan Tingkat Ergonomis atau Standar Keamanan

cc:Instagram@dapurmungill

Tingkat ergonomis menjadi salah satu perihal yang penting, karena untuk membuat standar kenyamanan anda pada saat melakukan aktivitas memasak. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahan atau gangguan pada saat kegiatan sedang berlangsung. Gangguan yang dimaksud adalah seperti sakit pinggang karena meja terlalu rendah, tangan pegal karena meja terlalu tinggu, lantai yang terlalu licin, maupun mengatur jarak antara dinding dengan dapur agar tidak terasa sempit.

Oleh karena itu, tinggi meja, lebar meja, luas area dapur, jarak ideal, lebar kabinet atas maupun bawah, dan ukuran standar lainnya harus benar-benar disesuaikan dan diperhatikan untuk kenyamanan anda.


Tentukan Tinggi dan Lebar Meja Sesuai Kebutuhan

cc:Instagram@rumah_aila

Rumah minimalis identik dengan ukuran ruangan yang dibuat minimalis juga, namun tetap memperhatikan kenyamanannya. Biasanya untuk dapur rumah minimalis terdapat kabinet atas untuk meminimalisir tempat sebagai tempat penyimpanan. Oleh karena itu, ketinggian dapur harus diperhatikan agar lebih pas dalam penggunaannya pada saat memasak, mencuci piring, menyiapkan makanan dan kegiatan lainnya . Untuk standar ukuran orang Indonesia, ideal ukuran meja dapur yang disarakan adalah sekitar 85-100 cm, atau diukur dari sekitar area pinggul.

Selain itu, pengukuran lebar meja dapur juga harus menjadi perhatian karena untuk mempermudah ruang kerja anda dalam memasak. Biasanya untuk ukuran standar lebar meja dapur yang disarankan adalah sekitar 50-70 cm. Hal ini sudah mencakup area memasak maupun mencuci piring.


Luas Area Dapur Rumah Minimalis

cc:Instagram@ninanu_nhandmade

Luas area kerja dapur juga ditentukan sesuai dengan luas dapur yang akan digunakan. Usahakan luas area dapur dapat memabntu untuk bergerak lebih bebas dan tidak terlalu sempit. Apalagi jika dapur yang digunakan dihubungkan dengan tempat lain atau kegiatan lain. Biasanya untuk standar luas area dapur yang disarankan adalah sekitar 80 cm, untuk memudahkan pergerakan maupun pada saat mengambil sesuatu yang terjatuh dan mencari sesuatu yang dibutuhkan.


Perhatikan Ukuran Kabinet

cc:Instagram@rinalatif22

Jika anda mengingkan kabinet atas maupun kabinet bawah pada dapur, khususnya untuk rumah minimalis agar dapat meminimalisir tempat. Sebaiknya anda juga menentukan jarak antara kabinet atas dan meja dapur, dan juga lebarnya. Perhatikan tinggi anda untuk memastikan kepala agar tidak terbentur dengan kabinet atas, dan perhatikan juga ukuran barang-barang yang ingin anda simpan di dalam kabinet. Biasanya untuk ukuran jarak yang disarankan antara kabinet atas dengan meja dapur adalah 50-70 cm. Untuk lebar kabinet biasanya ukuran yang dipakai adalah 35-50 cm. Ini hanya berdasarkan standar yang disarankan, untuk mengethaui lebih detailnya silakan diukur berdasarkan kebutuhan anda.


Ukuran Standar Meja Dapur Layout L untuk Rumah Minimalis

cc:Instagram@momsathomee

Layout L biasanya digunakan untuk ukuran ruang dapur anda yang tidak terlalu besar, yaitu cenderung sempit khas dari rumah minimalis. Bentuk L dapat menghemat tempat pada saat penataan barang-barang. Selain itu bentuk L juga dapat membuat dapur terlihat lebih luas. Layout L biasanya memakai ukuran panjang sekitar 300 cm, ukuran lebar sekitar 30 cm dan untuk tingginya sekitar 85 cm.

Nah apalagi terdapat kabinet atas, ukuran standar yang disarankan agar lebih leluasa dalam bergerak adalah sekitar 200 cm untuk panjangnya, 70 cm untuk lebarnya dan 60 cm untuk tingginya.


Layout Breakfast Nook untuk Ruangan yang Minimalis

cc:Instagram@nathasiamilka

Selain Layout L untuk standar meja dapur rumah minimalis dapat juga dengan menggunakan breakfast nook. Bentuk dan ukuran untuk layout ini hampir sama dengan Layout L. Hanya saja yang menjadi tambahan perhatian adalah dengan memberikan pencahayaan yang lebih terang agar terkesan lebih lega pada ruangan dapat dengan mudah untuk didapatkan.





Nah itulah beberapa Desain dan Panduan Ukuran Tinggi Meja Dapur Ideal untuk Rumah Minimalis. Perlu diperhatian juga dalam pemilihan keramik untuk dijadikan lantai dapur. Hindari penggunaan keramik yang mudah licin untuk mengurangi resiko terpeleset dan cidera. Dan gunakan bahan material yang mudah dibersihkan agar dapur di rumah anda terlihat bersih dan nyaman.

Sudah siap membuat meja dapur yang lebih nyaman dan aman bukan? Semoga artikel diatas bermanfaat untuk anda. Jika anda menginginkan banyak inspirasi terkait desain rumah minimalis modern, dapat anda kunjungi dan ikut facebook Inspirasi Rumah Shabby Minimalis. Tetap semangat dan selalu jaga kesehatan :)






Penulis      : Arysca
Editor        : Munawaroh
Sumber     : Berbagai sumber


Website Desainrumahpedia.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Desainrumahpedia.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Desainrumahpedia.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.