Sisakan Lahan Belakang untuk 7 Ide Taman Minimalis Ini



Desainrumahpedia.com -- Punya lahan tersisa di belakang rumah? Sulap saja menjadi sebuah taman yang cantik. Jika lahan belakang rumah sering dibiarkan kosong begitu saja, atau dipakai untuk menjemur pakaian yang basah, mulai sekarang bisa anda manfaatkan sebagai taman yang indah. Keberadaan taman memiliki fungsi utama untuk mempercantik hunian. 

Selain itu, taman belakang merupakan tempat sempurna untuk santai tanpa adanya gangguan yang berarti. Letaknya yang berada paling belakang juga membuat anda memperoleh tingkat privasi yang lebih. Untuk beberapa ide yang bisa kamu jadikan referensi, simak Sisakan Lahan Belakang untuk 7 Ide Taman Minimalis Ini.





Desain taman vertikal


Seberapapun ukuran lahan yang anda miliki, anda tidak perlu berkecil hati. Ada banyak cara untuk menyiasati ukuran lahan yang terbatas. Salah satunya dengan menggunakan konsep taman vertikal. Inspirasi taman belakang yang pertama terlihat menarik dengan kombinasi taman vertikal dibagian dinding. 

Apalagi eksterior dinding dirancang dengan bata ekspos yang membuat kesan tampilan lebih natural dan menyatu dengan alam. Untuk mempercantik tampilan, anda bisa melanjutkan dengan penataan tanaman dibagian tepi taman membentuk sebuah jalan yang estetik. Sangat mudah bukan?





Fitur asik untuk anak

Kehadiran taman dirumah memiliki banyak manfaat yang bisa anda rasakan langsung. Tidak sebagai tempat bersantai, taman belakang yang kedua dirancang khusus sekaligus sebagai tempat bermain anak yang menyenangkan. Mengusung konsep taman kering, permukaan lantai dilapisi dengan rumput sintetis yang ramah anak. Warna hijaunya dapat memberikan efek yang lebih asri. 

Berbagai wahana permaian anak bisa anda letakkan di area taman. Sangat menyenangkan bukan?




Gaya minimalis yang penuh ketenangan


Mengusung konsep open space, rumah didesain dengan banyak bukaan. Sehingga memungkinkan sirkulasi udara tetap berjalan dengan lancar dan rumah pun akan lebih sehat. Bagian ruang keluarga terhubung langsung dengan taman belakang, yang dibatasi dengan pintu lipat kaca transparan. 

Pemandangan taman yang indah pun bisa anda nikmati meski dari dalam ruangan. Pintu kaca juga dapat dibuka secara penuh dan membuat kesan ruangan terlihat lebih lega.




Taman belakang dengan batuan koral yang natural


Ada banyak material yang bisa anda gunakan untuk merancang taman terlihat indah. Salah satu material yang banyak digunakan adalah batuan koral. Taman belakang dengan ukuran 2x3 meter diatas pada bagian permukaan dipenuhi dengan batuan koral sebagai area resapan. 

Anda pun bisa menggunakannya sebagai sarana refleksi kaki. Jangan lupa memadukan dengan dekorasi tanaman lainnya untuk mempercantik tampilan taman. Sangat mudah untuk ditiru bukan?





Weekend dengan bersantai di halaman belakang

Mengusung konsep taman kering, anda bisa merancang taman dengan hamparan rumput hijau sintetis. Taman kering identik dengan desain yang sederhana dan tidak membutuhkan banyak perawatan. Sangat direkomendasikan bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus tanaman. 

Detail taman dibuat memanjang mengikuti bentuk lahan yang tersedia. Sebuah ayunan menjadi titik fokus atau focal point di area ini. Anda pun bisa menggunakannya saat berjemur atau sekedar bersantai di sore hari.




Taman belakang dan kolam renang yang menyegarkan

Apabila anda memiliki halaman belakang cukup luas, anda bisa merancang sebuah kolam renang sekaligus taman yang cantik. Desain kolam dibuat dengan model minimalis berbentuk persegi panjang. Apalagi dengan kombinasi material batuan alam yang menambah kesan kolam renang terlihat lebih natural dan menyatu dengan alam.

Untuk detail taman, pemilik memadukan lantai taman dengan batuan andesit dan rumput hijau dibagian sela-selanya terlihat sangat cantik.
 



Desain taman kecil yang menyenangkan

Inspirasi desain taman minimalis yang terakhir meski dengan ukuran yang mungil, tapi tetap tampil menarik dengan kombinasi vertical garden. Untuk membuat vertical garden, anda hanya membutuhkan bidang dinding, sehingga tidak akan memakan banyak space ruang. Direkomendasikan untuk rumah mungil dengan kapasitas lahan terbatas.

Untuk suasana yang romantis di malam hari, anda bisa menambahkan rangkaian lampu yang indah yang menggantung elegan dibagian langit.










Bagi Anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Inspirasi Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.


Penulis    : Hafidza

Editor      : Munawaroh

Sumber   : Berbagai sumber


Website Desainrumahpedia.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Desainrumahpedia.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Desainrumahpedia.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.