7 Ide Rumah Minimalis dengan Trik Pintar yang Bikin Betah

Desainrumahpedia.com -- Keterbatasan lahan yang tersedia, kerap kali menjadi sebuah hambatan untuk merancang desain rumah yang nyaman. Sehingga anda pun dituntut harus lebih kreatif lagi saat merancang rumah sempit. Rumah bergaya minimalis masih menjadi desain rumah terfavorit untuk menyiasati keterbatasan lahan yang tersedia. Lahan yang sempit seperti di daerah perkotaan, dipastikan akan berimbas pada ukuran setiap ruangan didalamnya.

Nah, ide kali ini terinspirasi dari rumah milik @rumahsmd dengan luas tanah 90 m2 dan luas bangunan 68 m2 dengan penataan interior yang menarik dan tentunya space-saving. Penasaran seperti apa ulasan lengkapnya? Mari simak dibawah ini!




Fasad rumah minimalis modern

Fasad rumah merupakan bagian terluar dari sebuah hunian. Sehingga tidak heran banyak yang merancang fasad rumah desain yang cantik dan semenarik mungkin. Mengusung konsep minimalis modern, hal ini terlihat dari kombinasi eksterior hunian yang bernuansa warna-warna netral yang terlihat menawan.

Eksterior pagar merupakan salah satu elemen yang paling mencolok dari fasad rumah dengan atap pelana ini, Sekilas tampilan pagar lebih mirip seperti kayu, tetapi sebenarnya bukan, pemilih menggunakan bahan PVC dengan motif kayu yang terkenal karena ringan, tahan air, tahan panas, dan terakhir harganya yang lebih ekonomis. Pagar PVC terlihat kokoh dengan kombinasi pagar dinding bernunsa abu-abu yang elegan.





Ruang tamu minimalis bernuansa abu-abu

Beralih masuk kedalam hunian, kita akan disambut oleh ruang tamu dengan tema interior bernuansa abu-abu yang elegan. Warna abu-abu sendiri termasuk warna netral yang bisa anda kombinasikan dengan warna apapun. Nah pemilik masih menggunakan sentuhan warna hitam dan cokelat natural untuk menghadirkan kesan rumah yang lebih homey.

Desain interior dinding full dirancang khusus bernuansa abu-abu, berikut sofa yang dipilih dengan warna senada. Sedangkan atmosfer ruangan yang lebih hangat tercipta dari penggunaan lampu LED pada bagian plafon yang terlihat stand out.



Ruang tamu sekaligus ruang TV

Bagi anda yang tinggal di rumah yang berukuran sempit, penataan interior dan pemilihan furnitur yang tepat menjadi kunci untuk menghadirkan desain rumah yang nyaman. Ide menggabungkan antara ruang tamu dan ruang TV merupakan ide pintar yang bisa anda jadikan sebagai referensi.

Masih didominasi dengan sentuhan abu-abu, kali ini terlihat dari kabinet TV yang memiliki desain fungsional. Sehingga selain sebagai meja TV, kabinet ini juga bisa anda manfaatkan untuk storage tambahan.




Desain interior konsep open plan

Desain rumah minimalis ini memiliki lahan yang memanjang, sehingga desain interior dengan konsep open plan pun dipilih untuk menghadirkan kesan ruangan lebih lega. Hal ini terlihat dari ruang tamu dan ruang keluarga yang dibiarkan menyatu terlihat fungsional.

Untuk memisahkan dengan ruang lainnya, pemilik menggunakan sebuah partisi ruangan kayu yang terlihat hangat. Untuk jenisnya menggunakan kayu MDF dengan tekstur halus dan tidak berpori. Anda bisa mengerjakannya secara DIY atau bisa memanggil tukang.




Desain dapur letter L yang stylish

Desain dapur dengan model letter L terlihat sangat fungsional berada di ruangan yang sempit. Memanfaatkan area sudur ruangan, meja dapur dilengkapi dengan kabinet tarik dibagian bawah. Untuk menghindari kesan penuh, dan ingin menciptakan kesan dapur lebih terang, pemilik tidak menggunakan kabinet dinding, tetapi menggantinya dengan rak ambalan yang fungsional.

Rak ambalan selain bisa anda gunakan untuk meletakkan bumbu-bumbu dapur, desainnya yang unik juga dapat mempercantik interior hunian.



Kamar tidur minimalis simple

Masih menggunakan konsep interior gaya minimalis yang lebih mengutamakan fungsi atau kegunaan. Kali ini desain kamar tidur juga dirancang se-simple mungkin untuk menghindari kesan penuh pada ruangan. Tips pertama anda bisa menggunakan furnitur sederhana, seperti side table dibagian sisi tempat tidur. Selanjutnya berkat fasilitas jendela yang berukuran cukup besar, ruangan pun terlihat lebih terang dan terasa lebih luas. 

Terakhir karena ruangan dibuat dengan desain yang polos, anda bisa memadukannya dengan sprei motif yang akan membuat tampilan ruangan lebih hidup.



Desain kamar mandi monokrom

Terakhir adalah kamar mandi yang terlihat modern dan stylish dengan tema interior monokrom. Memiliki ukuran yang mungil yaitu 1,3 x 1,8 m, tetapi tetap terlihat lebih lega dengan dominasi interior bernuansa putih. Sedangkan beberapa dekorasi lainnya terlihat elegan dengan sentuhan bernuansa hitam. 

Untuk menyiasati perlengkapan mandi, manfaatkan sebuah rak dinding agar kamar mandi tetap terlihat rapi. Antara shower area dan area kloset dibatasi oleh kaca tempered sehingga kamar mandi pun tetap terlihat luas.





Itulah 7 Ide Rumah Minimalis dengan Trik Pintar yang Bikin Betah. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda. Terimakasih.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya. 

 

Penulis  : Hafidza
Editor    : Munawaroh
Sumber : rumahsmd

 

Website Desainrumahpedia.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Desainrumahpedia.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Desainrumahpedia.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.