7 Desain Taman Minimalis Lahan Sempit

 

Desainrumahpedia.com -- Kehadiran taman memiliki fungsi utama untuk mempercantik tampilan hunian. Selain itu nuansa hijau taman juga dapat membuat hunian terasa lebih asri dan menyegarkan. Bagaimana jika anda memiliki lahan yang terbatas? Hal tersebut sering menjadi sebuah hambatan untuk merancang desain taman yang cantik. Tetapi anda tidak perlu berkecil hati, anda hanya perlu melihat beberapa contoh kemudian bisa anda coba terapkan di rumah. 

Beberapa tips dan trik juga bisa anda gunakan untuk menyiasati ukuran lahan yang terbatas. Nah, kali ini Desainrumahpedia.com akan membagikan 7 desain taman minimalis lahan sempit yang bisa anda jadikan sebagai referensi dibawah ini!


1. Desain taman minimalis modern

@hauzz_of_dyla

Inspirasi taman rumah yang pertama dibuat dengan konsep minimalis modern sesuai dengan desain keseluruhan rumah. Posisi taman dibuat berada di center antara area carport, yang menariknya justru terlihat menarik dan unik. 

Sedangkan detail taman dengan ukuran 1x1 meter ini dibuat cantik dengan rumput hijau yang menutupi seluruh permukaan taman. Sedangkan dibagian tepi terdapat edging dengan material batuan koral yang membuat tampilan semakin estetik dan natural. Jangan lupa untuk menhadirkan beberapa tanaman hias untuk tampilan taman yang semakin cantik.


2. Desain taman minimalis di sudut teras

@tamandekor

Ukuran lahan yang sempit, ternyata bisa anda siasati dengan beberapa tips dan trik yang jitu. Salah satunya dengan memposisikan letak taman minimalis di sudut teras yang kosong. Hampir sama seperti desain taman sebelumnya, masih menggunakan rumput hijau sebagai focal point untuk menyegarkan tampilan hunian. Kali ini pemilik memadukan dengan kombinasi layout taman yang unik dengan membuat pola batuan koral yang indah.
Beberapa tanaman hijau juga ditanaman dibagian tepi untuk membatasi area taman yang minimalis.


2. Desain taman minimalis konsep kering

@rumah_titipan


Mengusung konsep taman kering, kali ini desain taman minimalis dibuat dengan dominasi nuansa putih yang terlihat selaras dengan seluruh eksterior rumah. Masih didesain di sudut teras, kali ini taman dibuat lengkap dengan bangku taman yang bisa anda gunakan untuk tempat bersantai di rumah.
Nah berbeda dengan sebelumnya, kali ini bagian permukaan tanah tertutup rapi dengan pola batuan koral dengan landscape yang elegan.


3. Desain taman minimalis di balkon

@rumah.ne.na.za


Apabila biasanya area balkon sering dibiarkan kosong atau sekedar untuk menjemur pakaian. Mulai sekarang anda bisa merancangnya menjadi sebuah taman yang cantik. Desain taman mnimalis dibuat indah dengan kombinasi perpaduan rumput dan lantai kayu dibagian tengah. Material kayu menciptakan atmosfer ruang yang lebih hangat.
Karena ukuran yang terbatas, anda bisa menempatkan tanaman hias dibagian tepi untuk membuat tampilan semakin indah.


4. Desain taman belakang yang multifungsi


@mamih_carrisa


Tidak hanya memiliki fungsi utama untuk memperindah tampilan rumah. Taman minimalis yang terletak dibelakang rumah bisa anda manfaatkan sebagai spot santai yang menarik. Apalagi desain taman ini berdampingan dengan laundry room sehingga dapat meningkatkan mood untuk melaksanakan aktivitas mencuci dan menjemur pakaian.
Nah, untuk menikmati santai sore, anda bisa menempatkan sebuah kursi kayu panjang seperti pada contoh diatas.

6. Desain taman mungil berbentuk memanjang

@azzalea.home

Desain taman berukuran mungil selanjutnya dirancang simple tapi tetap menawan. Menyesuaikan dengan kapasitas dan bentuk lahan yang tersedia, kali ini taman dibuat dengan model memanjang. Sedangkan titi fokus atau focal point terlihat dari sebuah pohon bonsai yang terletak di sudut taman. Anda bisa memadukan dengan dekorasi batuan koral untuk tampilan taman yang indah dan menyatu dengan alam. Cocok diterapkan di berbagai hunian masa kini.

7. Desain taman vertikal yang cantik


@ayudevinazalia

Menggunakan konsep taman vertikal merupakan sebuah cara lainnya untuk menyiasati lahan yang terbatas. Desain taman minimalis terakhir dikombinasikan dengan sebuah taman vertikal yang hemat ruang. Untuk membuatnya, anda hanya membutuhkan dinding vertikal, selain cantik perawatannya pun cukup mudah.
Taman depan rumah ini juga dimanfaatkan sebagai tempat bermain sang buah hati. Anda bisa melengkapi taman dengan beberapa mainan favorit mereka.

Itulah 7 desain taman minimalis di lahan sempit yang bisa anda gunakan sebagai referensi. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda.

Bagi Anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Inspirasi Rumah Shabby Minimalis.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.


Penulis   : Hafsah
Editor     : Munawaroh
Sumber   : Berbagai sumber

Website Desainrumahpedia.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Desainrumahpedia.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Desainrumahpedia.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.