Inilah Desain Lighting Ruang Tamu Yang Harus Anda Contoh

 

Desainrumahpedia.com -- Ruang tamu merupakan ruangan pertama yang akan dililihat seseorang atau tamu yang datang berkunjung di rumah anda, karena memang terletak di bagian terdepan dari sebuah hunian. Karena memiliki fungsi yang esensial, anda pun diharuskan merancang ruang tamu secantik dan senyaman mungkin. Terdapat banyak elemen di ruang tamu yang perlu anda perhatikan setiap detailnya. Nah salah satu yang akan membuat tampilan ruang tamu tampil menarik adalah pencahayaan atau lighting yang memadai.

Terakadang merancang pencahayaan di rumah sering dilupakan, padahal dengan lighting yang baik tentunya ruangan pun dipastikan nyaman dan menawan. Menambahkan pencahayaan yang memukau juga dapat menambah nilai estetika di dalam ruangan. Untuk menambah referensi anda, inilah desain lighting ruang tamu yang harus anda contoh dirumah untuk menarik perhatian tamu yang datang!

Ruang tamu dengan ambient lighting

@u_ninehome

Sebelum menentukan lighting yang akan digunakan, anda perlu memperhatikan penataan furnitur hingga kapasitas ruangan yang tersedia. Untuk ruang tamu pertama didesain memanjang dengan konsep open plan, sehingga pencahayaan general atau ambience lighting digunakan untuk menerangi keseluruhan ruang tamu.
Pencahayaan ambience pada ruang tamu ini menggunakan lampu LED pada langit-langit atau plafon dan juga kombinas lampu downlight dengan warna cahaya warm white. Penggunaan nuansa warna yang hangat akan membuat suasana malam hari lebih nyaman, dimana kita membutuhkan untuk relax dan istirahat setelah seharian beraktivitas.

Ruang tamu dengan decorative lighting

@miniehomey

Inspirasi ruang tamu yang kedua tampil memukau dengan pilihan warna cahaya sedang sehingga suasana ruangan akan tercipta lebih hangat dan romantis. Penggunaan hanging lamp atau pencahayaan dekoratif berhasil menjadi focal point untuk menarik perhatian bagi yang melihatnya.
Hanging lamp dengan model klasik terlihat selaras dengan sofa leather hitam yang mewah. Untuk ruangan yang lebih terang saat malam hari, jangan lupa untuk memadukan dengan lampu downlight disekitar langit-langit.

Ruang tamu dengan Accent lighting

@hananovitasr

Pencahayaan ruangan terdiri dari dua yaitu pencahayaan buatan dan pencahayaan alami yang berasal dari sinar matahari. Lighting tambahan saat malam hari memiliki peranan penting dalam menciptakan kenyamanan hunian dengan memiliki lampu dengan intesitas cahaya sedang untuk menghadirkan atmosfer ruangan yang lebih hangat.
Ruang tamu ini menggunakan accent lighting yang diposisikan berada dibelakang sofa. Nah pemilik memasang sebuah lampu LED panjang, yang dinyalakan saat dibuthkan sehingga tetap hemat listrik.

Ruang tamu dengan task lighting

@ana_reza05


Terdapat banyak pencahayaan ruangan yang dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Inspirasi ruang tamu ini tampil menawan dengan pembiasan cahaya yang berasal dari penggunaan task light pada akuarium. Penggunaan task lighting memiliki fungsi utama untuk memasok lebih banyak cahaya pada area tertentu.
Sedangkan untuk pencahayaan general, ruang tamu ini menggunakan perpaduan antara lampu LED dibagian dalam plafon dan lampu gantung yang menampilkan kesan cantik pada ruangan.

Desain ruang tamu dengan lampu meja

@ajengcitra

Inspirasi ruang tamu terakhir didesain dengan gaya minimalis, tidak banyak dekorasi tapi tetap menawarkan kenyamanan yang maksimal dengan paduan lighting yang indah. Di bagian sudut ruang tamu terdapat lampu meja, yang memperkuat gaya desain minimalis di dalam ruangan.

Sedangkan sebagai elemen dekoratif terdapat hanging lamp dengan kap rotan yang menampilkan kesan ruang tamu lebih estetik dan cozy.

Itulah beberapa inspirasi ruang tamu dengan lighting indah yang dapat menginspirasi anda. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda. Terimakasih.

Bagi Anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Inspirasi Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis   : Hafsah

Editor     : Munawaroh

Sumber   : Berbagai sumber


Website Desainrumahpedia.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Desainrumahpedia.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Desainrumahpedia.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.