7 Contoh Taman Bawah Tangga

 

Desainrumahpedia.com -- Ruang kosong yang berada di bawah tangga sering tidak dimanfaatkan atau dibiarkan kosong begitu saja karena ukurannya yang terbatas. Padahal anda bisa menggunakannya menjadi sebuah ruangan atau bahkan taman yang cantik untuk memperindah tampilan hunian. Keberadaan taman di rumah selain memiliki fungsi utama mempercantik tampilan, tapi juga merupakan sebuah spot menarik untuk bersantai yang kekininian ala Instagrammer.

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk merancang taman indoor yang cantik, anda hanya perlu mencari referensi kemudian menerapkannya di rumah. Untuk membantu anda, kali ini Desainrumahpedia.com akan membagikan 7 contoh taman bawah tangga yang dapat anda jadikan sebagai referensi untuk membuat rumah semakin indah!


1. Desain taman bawah tangga modern

@deregenbogenhaus

Inspirasi contoh taman bawah tangga yang pertama dirancang simple dengan panjang ukuran 1,5 meter. Taman ini dibuat dengan model kotak dibawah tangga minimalis dengan model letter L. Sentuhan alami yang berasal dari tanamah hijau terlihat harmonis dengan kombinasi material tangga bernuansa kayu yang elegan.

Posisi tangga dibuat berada berdekatan dengan dinding, sehingga tidak terlalu memakan banyak space ruang yang tersedia, atau cocok digunakan untuk hunian minimalis. Paduan  lighting yang menawan dibagian pijakan tangga juga berhasil membuat tampilan interior lebih menarik.


2. Taman bawah tangga sederhana

@yalina_indhy


Keterbatasan lahan yang tersedia di bagian bawah tangga sering menjadi sebuah masalah bagi anda untuk berkreasi. Nah, hal itu tidak lagi berlaku sekarang, dengan menerapkan contoh taman bawah tangga yang satu ini selain mudah, ukurannya juga minimalis.
Mengusung konsep taman kering, material batuan koral digunakan sebagai area resapan air, Pilihlah batuan koral bernuansa cerah untuk menghadirkan kesan lebih luas. Sedangkan berbagai tanaman hias dapat anda letakkan di dalam pot, kemudian posisikan secara berjajar untuk tampilan yang lebih rapi. Sangat mudah untuk di tiru bukan?

3. Contoh taman bawah tangga di sudut ruang

@sarahharizqy

Desain tangga model spiral sering digunakan untuk menyiasati ukuran lahan yang terbatas, biasanya akses tangga spiral biasa digunakan untuk akses ke rooftop. Nah bagian bawah tangga dapat anda sulap menjadi sebuah taman sekaligus tempat santai yang yang nyaman.
Menempatkan kursi dan coffee table menjadi ide terbaik yang bisa anda lakukan, sedangkan untuk detail taman, masih menggunakan konsep taman kering cantik yang akan membuat spot bersantai anda semakin menarik dan menyenangkan.



4. Contoh taman dan ruang makan di bawah tangga 


@rumah_home2

Selain menghadirkan taman yang cantik, ruang bawah tangga dapat anda gunakan sebagai ruang makan yang nyaman. Inspirasi contoh taman dirancang sejuk dengan berbagai tanaman yang menyegarkan, sedangkan ruang makan diposisikan berada disampingnya.
Berbagai tanaman hias kekinian, seperti lidah mertua, Monstera, dapat anda pilih untuk menghiasi taman bawah tangga untuk tampil lebih cantik.

5. Desain taman bawah tangga minimalis

@nurrin_nurrinawati

Ciptakan desain taman bawah tangga tampil menarik dengan desain lebih minimalis yang cantik. Mengusung gaya tropis, berbagai material yang ramah lingkungan seperti lantai kayu dan beberapa dekorasi tanaman hias terlihat mendominasi area taman yang cantik. 
Sedangkan detail tangga dibuat dengan model melayang yang menghadirkan kesan ruangan lebih lega. Ruangan bawah tangga ini juga terlihat terang sepanjang hari, karena adanya jendela kaca transparan yang memungkinkan sinar matahari tetap bisa masuk secara maksimal meski di dalam ruangan.

6. Contoh taman kering di bawah tangga

@fayagung

Inspirasi taman indoor dibawah tangga dengan konsep taman kering semakin banyak diterapkan. Karena selain cantik, perawatan taman kering pun lebih mudah, cocok bagi anda yang memiliki kesibukan yang tidak punya banyak waktu untuk merawat tanaman.
Desain landscape taman semakin menarik dengan kombinasi jalan setapak dibagian tengah yang estetik. Beberapa tanaman hias yang direkomendasikan untuk taman kering adalah kaktus yang memiliki perawatan rendah.

7. Contoh taman bawah tangga dengan pagar cantik

@eliyanti888

Desain tangga rumah minimalis akan jauh dari kesan monoton berkat kehadiran taman bawah tangga yang cantik. Dirancang sederhana,  tanaman hias menjadi dekorasi utama untuk menghadirkan kesan taman terlihat cantik. Untuk tampilan yang lebih rapi, bagian tepi taman dibatasi dengan sebuah pagar minimalis bernuansa putih cantik. 
Suasana bersantai dan berkumpul bersama keluarga pun akan semakin menyenangkan dengan menghadirkan karpet bulu yang cozy.

Itulah 7 contoh taman bawah tangga yang bisa anda tiru dan akan membuat hunian semakin sejuk dan nyaman. Dari desain diatas mana yang menjadi taman favoritmu?

Bagi Anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Inspirasi Rumah Shabby Minimalis.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.


Penulis   : Hafsah
Editor     : Munawaroh
Sumber   : Berbagai sumber

Website Desainrumahpedia.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Desainrumahpedia.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Desainrumahpedia.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.