7 Dapur Terbuka yang Cocok untuk Kumpul Keluarga Saat Masak Besar

Desainrumahpedia.com - Dapur merupakan area penting yang ada di dalam rumah. Memiliki fungsi yang menjadi pusat kebutuhan hidup setiap penghuninya, dapur sangat perlu diperhatikan untuk urusan desain interiornya agar fungsi dari dapur itu sendiri lebih maksimal dan dapat memenuhi kebutuhan akan nilai estetika pada dapur itu sendiri.

Saat ini banyak sekali model dapur yang dapat diterapkan, baik itu untuk rumah yang memiliki lahan yang sempit maupun luas. Salah satu model dapur yang banyak digandrungi saat ini ialah model dapur terbuka. Dapur terbuka sendiri memiliki banyak manfaat seperti ruangan lebih luas, lebih terang dan dapat terhindar dari bau apek pada dapur yang sering dijumpai. Selain itu, dengan memiliki model dapur terbuka, anda juga dapat melakukan kegiatan memasak bareng apabila keluarga besar sedang berkumpul.

Berikut 7 Dapur Terbuka yang Cocok untuk Kumpul Keluarga saat Masak Besar yang dapat anda jadikan inspirasi dan anda tiru. Yuk mari simak!


Dapur Terbuka dengan Atap Tertutup dan Kolam Ikan Memberikan Nuansa yang Menyegarkan

By : Instagram/desainrumah_info

Desain dapur terbuka yang pertama ialah dapur yang mengenakan atap tertutup dan menggunakan warna putih untuk memberikan kesan dapur terlihat lebih luas. Selain itu, anda juga dapat menambahkan lampu dengan pencahayaan yang terang dari lampu gantung yang dibuat dengan bentuk unik untuk menambah kesan yang lucu dan cantik.

Anda juga dapat menambahkan kolam ikan hias dan tanaman dalam pot untuk memberikan nuansa yang menyegarkan pada dapur, sehingga hal ini akan menghindarkan dapur dari bau apek. Dengan desain dan penataan yang pas, masak besar di dapur untuk kegiatan berkumpul keluarga menjadi lebih menyenangkan bukan


Dapur Terbuka Model Lorong Membuat Area Lebih Lapang

By : Instagram/indanarfab

Desain dapur terbuka selanjutnya ialah dapur dengan konsep yang dibuat seperti lorong memanjang dan bersebelahan dengan taman di halaman belakang. Pemberian atap transparan dapat anda gunakan pada dapur terbuka untuk melindungi area dapur dari perubahan cuaca, namun tetap memberikan pencahayaan yang cukup di dapur. Karena mengenakan model lorong yang memanjang, anda juga dapat menggunakan area dapur yang menyatu dengan ruang makan ini untuk lesehan saat masak besar ataupun makan bersama dengan keluarga besar.


Dapur Terbuka Terlihat Luas dengan Menggunakan Warna Putih

By : Instagram/jims_anglerhome

Warna putih memang sangat ampuh untuk memberikan kesan ruangan terlihat lebih luas. Meski dapur terbuka anda sudah memiliki area yang luas, tidak ada salahnya anda menerapkan warna putih yang terang ini untuk digunakan di dapur anda, agar terlihat lebih luas lagi.

Dilengkapi dengan elemen dan perabot dapur yang glossy atau memiliki sifat yang memantulkan keadaan sekitar, perabot ini dapat memberikan kesan yang elegan dan membuat area dapur terlihat lebih lapang. Acara kumpul dengan keluarga besar di dapur terbuka pun menjadi lebih menyenangkan.


Dapur Terbuka Menggunakan Konsep ala Restoran

By : Instagram/klgproperty

Dapur terbuka ini memiliki konsep seperti restoran atau cafe yang sering ditemui saat ini. Mengenakan atap dari kaca yang transparan, membuat pencahayaan pada dapur yang menyatu dengan ruang makan ini lebih maksimal dan memberikan kesan area dapur terlihat lebih luas.

Bersebelahan dengan taman yang ada di halaman belakang, membuat dapur ini memiliki suasana yang menyegarkan dan terlihat alami. Anda juga dapat menambahkan lampu gantung bar untuk memberikan penerangan pada malam hari. Selain itu, dengan penambahan lampu gantung bar, dapat menyemarakkan suasana pada malam hari apabila anda dan keluarga sedang berkumpul untuk melakukan masak besar ataupun mengadakan barbeque. 


Dapur Terbuka dengan Tirai Bambu Sebagai Pembatas

By : Instagram/riaanarya

Dapur terbuka yang bersebelahan langsung dengan taman di halaman belakang ini tidak mengenakan tembok ataupun pintu sebagai pembatas, melainkan hanya menggunakan tirai bambu sebagai pembatasnya. Mengenakan perpaduan warna abu-abu dan putih memberikan kesan dapur terbuka ini terlihat netral namun tetap elegan. Anda juga dapat menambahkan lampu gantung yang unik pada area meja makan yang menyatu dengan meja kitchen set dapur untuk membuatnya terlihat lebih cantik.


Dapur Terbuka yang Luas dengan Nuansa Hangat 

By : Instagram/rumahkamikita

Kesan yang hangat dan luas terlihat pada desain dapur terbuka pada gambar. Dapur ini mengenakan perpaduan dinding berwarna putih dan glossy dengan corak batu-bata, dinding bagian atas dibuat dengan konsep semen alami, serta lantai dan perabot dapur mengenakan material dari kayu. Penambahan lampu yang diletakkan pada kitchen set dapur dan memiliki pencahayaan oranye, membuat kesan dapur menjadi lebih hangat dan nyaman untuk melakukan kegiatan memasak. Dapur terbuka ini cocok untuk berkumpul dan memasak besar bersama keluarga menjadi lebih menyenangkan.


Dapur Terbuka Bersebelahan dengan Taman Halaman Belakang

By : Instagram/rumahleon

Desain dapur terbuka yang terakhir dan cocok untuk berkumpul dan memasak besar bersama keluarga ialah dapur terbuka yang bersebelahan dengan halaman belakang yang asri. Dapur terbuka ini mengenakan desain warna abu-abu terang agar terlihat serasi dengan warna putih yang ada pada pagar tembok halaman belakang. Dipadukan dengan elemen dan perabot yang mengenakan material dari kayu, memberikan kesan dapur terlihat lebih natural dan menyatu dengan alam.


Memiliki dapur terbuka memang sangat menyenangkan dan memiliki banyak manfaat. Namun, jangan lupa untuk menjaga kebersihan pada dapur terbuka agar terhindar dari bau yang apek maupun hal lainnya. Semoga 7 Dapur Terbuka yang Cocok untuk Kumpul Keluarga saat Masak Besar ini bermanfaat bagi anda.


Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis mulai dari yang sederhana hingga modern, silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di Facebook Inspirasi Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan dalam membangun rumah idaman. Dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis    : Yuniar
Sumber   : Berbagai Sumber
Editor      : Munawaroh


Website Desainrumahpedia.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Desainrumahpedia.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain rumah, Desainrumahpedia.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.