7 Inspirasi Ruang Laundry di Tempat Sempit yang Hemat Tempat

Desainrumahpedia.com -- Memiliki rumah dengan ukuran yang mungil memang mengharuskan kita untuk lebih kreatif dan mendetail lagi dalam mendesain setiap ruangan agar tetap terasa nyaman. Bahkan kita juga harus bisa untuk memanfaatkan sisi-sisi dan sudut ruangan terkecil sekalipun agar bisa fungsional. Jika memiliki sisa lahan, tak ada salahnya untuk mempertimbangkannya menjadi ruang cuci jemur mungil, seperti pada 7 Inspirasi Ruang Laundry di Tempat Sempit yang Hemat Tempat berikut ini! 


Ruang Laundry Dengan Atap Transparan

@aqillahome

Desain ruang laundry pertama ini mengusung konsep semi outdoor dengan kombinasi taman minimalis yang dapat anda coba terapkan di rumah. Area ini dilengkapi dengan atap transparan. Penggunaan atap transparan ini memungkinkan pencahayaan alami masuk secara maksimal. Selain jemuran pakaian cepat kering, tanaman hijau pun tetap mendapatkan cahaya alami.


Ruang Cuci Jemur Semi Terbuka

@bathroom.iddea

Mengusung konsep semi terbuka, inspirasi ruang laundry yang satu ini tampak sejuk dan fresh. Memanfaatkan lahan sisa di halaman belakang, selain ruang cuci, anda pun dapat memanfaatkan area ini sekaligus sebagai tempat jemuran yang fungsional. Karena konsep semi outdoor, dipastikan pakaian yang anda jemur pun akan dengan cepat kering. Beberapa sentuhan tanaman hijau juga dapat memberikan suasana segar pada halaman belakang.


Ruang Laundry yang Simpel dan Minimalis

@mommy.etha

Terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat mendesain ruang cuci dan jemur yang mungil. Salah satu hal yang tidak boleh anda lewatkan adalah dengan memastikan ruang laundry tetap nyaman meski berukuran mungil. Jika ruang cuci jemur ada di dalam ruangan, anda dapat menambahkan atap transparan, dengan begitu sinar matahari akan tetap masuk ke dalam. Untuk desain laundry diatas dibuat berada di lantai dua sehingga dipastikan mendapatkan sinar matahari yang maksimal.


Ruang Laundry Dengan Dekorasi Hijau

@nova_krisna

Biasanya ruang laundry memiliki tampilan seadanya yang biasa-biasa saja. Nah untuk menghindari kesan membosankan ini, tambahkan beberapa dekorasi misalnya tanaman hijau yang dapat menghidupkan suasana ruangan. Atau anda bisa menambahkan stiker-stiker lucu dan cantik dengan konsep tropical pada mesin cuci untuk memperindah tampilan. Untuk membantu anda dalam menghemat space ruangan, letakkan secara linier dengan urutan mesin cuci, keranjang baju kotor, dan tempat jemuran dalam satu garis.


Ruang Laundry yang Rapi

@our.anhouse

Desain ruang laundry mungil nan rapi ini cocok bagi anda yang memiliki hunian mungil. Ruang laundry yang terletak di bagian halaman belakang ini tampil minimalis dengan penataan yang rapi dan terorganisir. 

Untuk membantu anda dalam menghemat tempat, manfaatkan area dinding untuk meletakkan rak ambalan. Selain digunakan untuk dekorasi, tambahkan tanaman hijau untuk memberikan suasana lebih sejuk. Decking kayu sebagai lantai juga dapat membuat area ini menjadi lebih menarik! 


Ruang Laundry di Sudut Belakang

@ruma.ciel

Meski berukuran mungil, tapi ruang cuci dan jemur kali ini menawarkan desain yang cantik dengan vertical garden. Untuk keseluruhan ukuran laundry room ini hanya 0,5x1 meter dengan living wall yang menyegarkan mata. 

Selain mesin cuci, untuk membantu menghemat tempat anda bisa memasang tempat jemur permanen pada dinding dan rak fungsional untuk meletakkan berbagai perlengkapan mencuci dan alat kebersihan lainnya. Ruang laundry ini juga didesain aman dari hujan, berkat pengunaan atap dengan skylight yang menawan.


Ruang Laundry Minimalis yang Estetik

@rumah.terang

Desain ruang laundry terakhir dibuat dengan desain yang praktis tapi tetap estetik. Berukuran hanya 1x1 meter tapi tetap terasa lebih lega dengan dominasi warna-warna soft yang terang. Penggunaan dinding roster juga memungkinkan sistem sirkulasi udara dapat berjalan lebih baik. Karena udara tetap dapat keluar masuk melalui lubang-lubang kecil ini. Untuk membantu anda lebih menghemat tempat, anda dapat menggunakan jemuran lipat yang menempel pada dinding. Sangat fungsional bukan?



Bagi Anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Inspirasi Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.


Penulis    : Rieka

Editor      : Munawaroh

Sumber      : Berbagai sumber


Website Desainrumahpedia.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Desainrumahpedia.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Desainrumahpedia.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.