Fungsikan Lahan Belakang Menjadi Taman Indoor yang Indah

 

Desainrumahpedia.com -- Memperindah tampilan rumah dengan berbagai desain dan dekorasi yang cantik tentunya akan membuat anda dan seluruh anggota keluarga merasa betah berada didalamnya. Terdapat banyak cara untuk merancang setiap sudut rumah agar tetap fungsional. Salah satunya, apabila anda memiliki space lahan tersisa dibagian belakang rumah, daripada dibiarkan menganggur atau hanya digunakan sebagai tempat meletakkan jemuran. Anda dapat memanfaatkannya menjadi sebuah taman indoor. Keberadaan taman indoor yang dapat anda gunakan sebagai tempat bersantai bersama keluarga, bahkan teman terdekat.

Kali ini, Desainrumahpedia.com terinspirasi rumah milik @rumahnayyara20 yang memfungsikan lahan belakang menjadi taman indoor yang indah. Penasaran kan seperti apa desainnya? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini!


Menentukan ukuran taman indoor 


Sebelum merancang taman indoor di halaman belakang, pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan terlebih dahulu halaman belakang. Untuk ukuran keseluruhan area taman indoor diatas adalah 2,7 x 6 meter. Sehingga desain taman pun dibuat memanjang sesuai dengan ukuran lahan yang tersedia.
Area taman indoor ini digunakan sebagai ruang makan hingga berkumpul bersama keluarga yang menyenangkan. Selain hijaunya hamparan rumput hijau, anda dapat melengkapi taman indoor dengan TV yang menempel pada dinding. 

Taman indoor dengan atap transparan


Desain taman indoor ini dibuat elegan dengan penggunaan atap transparan yang memungkinkan ruangan terlihat terang sepanjang hari. Untuk detail atap pada taman indoor ini adalah atap skylight dari tempered glass dengan ketebalan 10 mm.
Nah untuk meredam panas saat siang hari, pemilik memadukan dengan kisi-kisi kayu yang elegan. Jenis kayu meranti oven ketebalan 4x4 cm dipasang dibawah atap kaca tempered. Kombinasikan dengan kerangka besi kanal dengan jarak 4cm antar kayu untuk tampilan yang kokoh.
Penggunaan kisi-kisi kayu selain membuat ruangan dibawahnya terasa sejuk juga menjadi elemen untuk memperindah tampilan keseluruhan area taman.

Dinding batu alam yang estetis


Dominasi material taman yang ramah lingkungan menjadikan keseluruhan tampilan taman indoor terlihat lebih sejuk dan natural. Selain menggunakan tanaman hijau sebagai elemen utama, bagian interior dinding taman indoor dilapisi dengan batuan alam jenis paras jogja yang identik dengan nuansa krem yang cantik. 

Sedangkan dinding bagian atas merupakan perpaduan bata merah dan semen kamprot yang menawan.

Pemandangan taman belakang dari dalam ruangan




Keberadaan taman indoor dapat menjadikan keseluruhan hunian terasa lebih sejuk dan indah. Nah view taman belakang rumah ini dapat anda nikmati dari dalam ruangan. Taman indoor ini dibuat berdampingan dengan dapur dan ruang makan. 
Sehingga proses memasak pun akan terasa  lebih menyenangkan. Anda dapat menggunakan pintu kaca transparan sehingga tampilan ruangan pun akan terasa lebih luas dan lega.

Desain taman belakang dengan lighting yang memukau


Ingin memiliki taman indoor dengan tampilan ala cafe kekinian? Inspirasi taman dengan kursi sudut ini berhasil menjadi focal point ruangan yang elegan. Kursi sudut ini dibuat dari material beton yang kokoh dengan finishing nuansa putih yang menawan.
Untuk tampilan yang lebih stand out, anda dapat memadukan dengan penggunaan lighting yang memukau. Pilihlah lampu taman dengan nuansa warm white untuk suasana lebih hangat dan romantis.

Itulah ulasan lengkap tentang fungsikan lahan belakang menjadi taman indoor yang indah yang dapat anda jadikan sebagai pedoman untuk merancang desain taman yang cantik.

Bagi Anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Inspirasi Rumah Shabby Minimalis.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.


Penulis   : Hafsah
Editor     : Munawaroh
Sumber   : Instagram @rumahnayyara20

Website Desainrumahpedia.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Desainrumahpedia.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Desainrumahpedia.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.