Inspirasi 7 Desain Dapur Low Budget

 

Desainrumahpedia.com -- Memiliki dapur dengan tampilan yang rapi nyaman tentu menjadi idaman bagi banyak orang. Dapur sering disebut sebagai jantung dari sebuah rumah. Karena di ruangan tidak hanya digunakan untuk aktivitas memasak, tapi seiring berjalannya waktu dapur juga difungsikan sebagai sarana tempat berkumpul keluarga yang menyenangkan. 

Dapur yang nyaman tidak harus dengan desain yang mahal dan mewah, bahkan desain desain dapur yang sederhana pun tetap menawarkan kenyamanan yang maksimal. Untuk membantu anda berikut ini adalah contoh inspirasi 7 desain dapur low budget yang bisa terapkan di rumah!

1. Desain dapur dengan sederhana nuansa putih

Instagram/tika.johny

Inspirasi dapur pertama dibuat dengan desain minimalis dengan dekorasi sederhana dan tidak ada yang berlebihan. Dapur dengan nuansa putih ini dilengkapi dengan kitchen set satu garis dengan ukuran 1 meter. Model kitchen set satu garis cocok bagi anda yang memiliki rumah dengan ukuran kecil, anda pun akan lebih leluasa bergerak saat berada di dapur.  

Meski dibuat dengan desain sederhana, tapi karena terletak di dekat taman, suasana dapur pun terasa lebih sejuk dan hidup.

2. Dapur minimalis dengan nuansa hijau

Instagram/rumahjasmine19

Inspirasi dapur kedua dibuat dengan tema interior hijau yang menyegarkan mata. Untuk desain meja dapur, pemilik memilih meja dapur cor dengan konsep bentuk L untuk menyiasati keterbatas lahan yang tersedia. Untuk membantu memaksimalkan penyimpanan, anda bisa menambah lemari fungsional untuk meletakkan berbagai perlengkapan dapur. Sehingga dapur pun terlihat lebih rapi dan terorganisir. Proses memasak pun akan lebih berjalan lebih nyaman dan cozy.

3. Dapur minimalis dengan atap transparan

Instagram/nisya.rumahsenja

Desain dapur minimalis selanjutnya masih dibuat dengan model meja dapur cor berbentuk L. Konsep dapur L memang cocok digunakan di ruang sempit hingga luas. Karena ruang dapur yang satu ini tidak dilengkapi dengan fasilitas jendela, anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan atap transparan. Sehingga ruangan ini tetap terang sepanjang hari. Hal ini membantu anda dalam menghemat penggunaan lampu saat siang hari.

4. Desain dapur low budget dengan rak dinding


Instagram/mimihazna_real

Penataan dapur berukuran kecil bisa anda siasati dengan beragam cara. Nah seperti dapur low budget yang satu ini memanfaatkan area dinding untuk memaksimalkan storage yang tersedia. Daripada menggunakan kabinet tambahan yang hanya akan menjadikan kesan tampilan dapur terlihat penuh, anda dapat menggantikannya dengan menggunakan rak ambalan atau rak dinding yang fungsional. Penggunaan rak dinding selain untuk meletakkan berbagai perlengkapan dan bumbu-bumbu dapur juga sebagai dekorasi untuk tampilan dapur yang lebih cerah.


5. Dapur ungu sederhana dengan pencahayaan yang menarik

Instagram/iah_agustina

Salah satu hal yang tidak boleh anda lewatkan saat mendesain dapur berukuran kecil adalah pencahayaan. Anda harus benar-benar memastikan dapur mendapatkan pencahayaan yang maksimal agar dapur tidak terlihat gelap dan suram. Inspirasi dapur bernuansa ungu ini dibuat menarik penataan yang rapi dan terorganisir. 
Selain lampu utama, pemilik menambahkan lampu task light yang diletakkan di bawah rak ambalan. Lampu task light digunakan untuk menyorot area meja, yang dapat membantu anda dalam memotong bahan-bahan yang akan di masak.

6. Desain dapur nuansa pink dengan jendela

Instagram/dapurmungill

Keberadaan jendela di dapur selain menjadikan kesan ruangan yang lebih luas, juga menjadikan sistem sirkulasi udara berjalan lebih baik. Sehingga anda pun tidak memerlukan fasilitas cooker hood, karena asap memasak akan segera ternetralisir. Desain jendela ini terletak di sudut ruangan, pemilih menambahkan tirai roller blind untuk tampilan yang lebih estetik. Nuansa dapur ini juga terlihat semakin indah dengan tema interior bernuana merah muda yang menggemaskn.

7. Desain dapur menyatu dengan ruang makan

Instagram/ax_arifi24

Mengusung konsep open plan, inspirasi dapur low budget terakhir didesain menyatu dengan ruang makan. Selain membantu anda dalam menghemat tempat, kedua aktivitas pun juga dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Model meja dapur satu garis terlihat lebih fungsional dan menyisakan kapasitas ruangan yang tersisa, nah anda bisa menatanya untuk meletakkan ruang makan.
Dominasi nuansa warna-warna earthy juga menambah kesan dapur yang lebih homey. Apalagi beberapa sentuhan furnitur bernuansa kayu juga menambah kesan dapur yang lebih elegan. 

Itulah beberapa contoh dapur low budget yang dapat anda jadikan sebagai pedoman untuk mendesain dapur impian. Dari desain dapur diatas, mana yang menjadi desain favorit anda?

Bagi Anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Inspirasi Rumah Shabby Minimalis.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.


Penulis   : Hafsah
Editor     : Munawaroh
Sumber   : Berbagai sumber

Website Desainrumahpedia.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Desainrumahpedia.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Desainrumahpedia.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.