Mungil tapi Cantik, Desain 7 Taman Minimalis di Teras Rumah

 


Desainrumahpedia.com -- Ingin membuat desain taman minimalis di teras rumah tapi memiliki space lahan yang terbatas? Anda tidak perlu khawatir, mendesain taman di area teras rumah sebenarnya tidak terlalu sulit, bahkan dengan ukuran yang mungil sekalipun. Keberadaan tanaman hijau dirumah selain membuat rumah tampil lebih indah, juga membantu sistem sirkulasi udara rumah berjalan lebih baik.
Desain taman berukuran mungil memiliki banyak keunggulan, salah satunya memiliki biaya perawatan yang lebih ekonomis. Jika anda sedang mencari desain taman berukuran kecil, anda berada di area yang tepat. Mari simak terlebih dahulu ulasan tentang mungil tapi cantik, desain 7 taman minimalis di teras rumah yang bisa anda terapkan di rumah!


Desain taman minimalis di teras sebagai tempat bersantai

@yohana_sukarna

Meski berukuran mungil, anda tetap bisa menghadirkan teras dan taman sekaligus sebagai ruang santau yang menenangkan. Tips bagi anda yang membuat taman kecil, anda bisa memiliki furnitur dengan ukuran kecil hingga sedang. Hal ini bertujuan untuk menghindari kesan penuh pada taman minimalis milik anda.

Satu buah kursi kayu berukuran sedang boleh anda letakkan diarea beranda atau teras rumah dengan dekorasi berbagai tanaman hijau disekelilingnya. Sehingga aktivitas bersantai anda akan terasa lebih sejuk dan menyenangkan.

Desain taman minimalis di sudut teras

@dekorasiterasrumah

Bagi anda yang memiliki tempat tinggal di daerah perkotaan atau perumahan, inspirasi taman minimalis yang dibuat di sudut teras kali ini bisa anda jadikan sebagai referensi, Model taman mungil dibuat memanjang mengikuti bentuk lahan yang tersedia. 

Meski berukuran kecil, material taman yang digunakan pun cukup bervariasi mulai dari batuan koral, rumput hijau, hingga berbagai tanaman hias turut menjadi dekorasi untuk memperindah tampilan taman. Dibagian center ditanam sebuah pohon palem berukuran kecil yang menjadi focal point dari sebuah taman minimalis milik anda.

Desain taman minimalis di halaman belakang

@windadwiastari

Apabila anda memiliki space lahan tersisa dibagian halaman belakang, manfaatkan area ini untuk mendesain taman minimalis yang mungil tapi cantik. Kombinasi rumput hijau dan batuan koral sukses membuat suasana taman terlihat lebih sejuk dan asri. Apalagi disekelilingnya diletakkan berbagai tanaman hias untuk memperindah tampilan. 
Sediakan juga kursi panjang lengkap dengan coffee table untuk tempat bersantai yang menenangkan, samnil menikmat suasana sore yang indah.

Desain taman minimalis di teras samping

@sahdev.haldar

Rumah dengan lahan yang terbatas, seringkali menyisakan area tersisa dibagian samping hunian. Daripada membiarkannya begitu saja, anda bisa menyulapnya menjadi taman mungil yang memukau. Karena letaknya yang berada disamping rumah, taman ini dibuat memanjang mengikuti bentuk lahan tersisa. 
Untuk membuatnya tampil lebih menarik, anda bisa menata berbagai jenis tanaman secara berjajar atau berderet rapi di sepanjang lahan teras. Kombinasikan juga dengan konsep vertical garden dengan memanfaatkan area jendela untuk meetakkan tanaman gantung sebagai variasi taman mungil yang cantik

Desain taman minimalis dengan rak kayu fungsional

@rani_revan.new

Memiliki lahan depan dengan lebar kurang dari 1 meter bukan menjadi penghalang keratifitas yang anda miliki untuk menciptakan desain taman minimalis yang cantik. Banyak cara untuk menyiasati ukuran taman yang mungil, salah satunya dengan menggunakan fasilitas rak bunga kayu yang fungsional seperti pada gambar.
Rak kayu ini bisa dipesan sesuai dengan kebutuhan mulai dari variasi bentuk hingga ukuran sesuai dengan lahan yang tersedia. Berikutnya anda bisa meletakkan beberapa tanaman hias di dalam pot secara berjajar. Taman mini milik anda pun akan terlihat raou dan mudah dirotasi sesuai dengan keinginan.

Desain taman minimalis dengan atap transparan

@dwrth_

Apabila anda ingin membuat tempat santai yang teduh di area taman, penggunaan atap transparan menjadi sebuah ide terbaik yang bisa anda coba terapkan dirumah. Aplikasi atap transparan memungkinkan area dibawahnya mendapatkan pasokan cahaya matahari secara maksimal, sehingga anda pun tidak perlu khawatir nutrisi berbagai tanaman milik anda akan terpenuhi dengan baik.
Untuk material atap transparan anda memiliki atap kaca, atap solartuff  yang dibekali kemampuan membuat ruangan dibawahnya tetap terasa sejuk meski cahaya matahari menembus masuk didalamnya.

Desain taman minimalis dengan pagar teras belakang

@dhivadevi

Untuk anda yang menginginkan tampilan taman minimalis anda tampil berbeda dengan lainnya, inspirasi taman minimalis yang terletak dibagian teras belakang berikut ini bisa anda jadikan sebagai inspirasi. Tidak hanya dipenuhi dengan berbagai tanaman hias yang memukau, taman ini juga dilengkapi dengan pagar kayu yang difungsikan sebagai penyangga taman agar tampil lebih rapi.
Taman ini dibuat dengan aksen nuansa kuning yang menjasikan suasana taman lebih ceria dan menyenangkan.

Itulah beberapa desain taman minimalis berukuran mungil yang bisa anda jadikan sebagai referensi dirumah. Dari beberapa desain diatas, mana yang paling anda sukai?

Bagi Anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Inspirasi Rumah Shabby Minimalis.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.


Penulis      : Hafsah
Editor         : Munawaroh
Sumber      : Berbagai sumber

Website Desainrumahpedia.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Desainrumahpedia.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Desainrumahpedia.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.