Pesan Desain Rumah Silahkan Whatsapp : 085731598438

Tips Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi Agar Kembali Kinclong

Cara membersihkan keramik kamar mandi

Desainrumahpedia.com -- Kamar mandi yang cantik dan bersih tidak akan terwujud dengan sempurna selama bakteri dan kotoran masih menempel di keramik. Kamar mandi yang kotor dapat menghalangi tampilan glossy dari keramik yang cantik terlihat lebih kumuh dan kusam. Untuk membersihkannya, tidak cukup hanya menggunakan air dan sabun biasa, dengan hal itu di bawah ini adalah beberapa tips cara membersihkan keramik kamar mandi anda agar kembali kinclong yang bisa diterapkan menurut desainrumahpedia.com :


Keramik glossy pada kamar mandi

Kotoran, jamur dan lumut yang melekat di keramik bagian lantai maupun dinding bisa menjadi berkerak jika tidak dibersihkan secara rutin. Membersihkannya bisa menggunakan cairan pembersih yang telah diformulasikan untuk mengangkat kerak pada keramik. Mudah di dapatkan di toko-toko terdekat dengan cara mencelupkan sikat pada wadah yang berisi cairan pembersih lalu gosokkan pada keramik yang kotor kemudian diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu, anda dapat menyikatnya kembali dan membilas sampai bersih. Keramik akan kembali mengkilap dan terkesan glossy.


Cuka untuk membersihkan keramik

Selain bisa digunakan untuk penyedap rasa, ternyata cuka juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan keramik kamar mandi. Caranya :

Sebelum mengaplikasikan cuka pada keramik, anda bisa menyiram dinding atau lantai kamar mandi dengan air panas untuk membantu melunturkan kotoran yang berkerak. Kemudian masukkan cuka ke dalam botol semprotan dan aplikasikan ke keramik dan diamkan selama 10 menit. Gosok dengan sikat lalu bilas dengan bersih menggunakan air panas yang mengalir. Bersihkan dengan lap atau spons basah dan kering. Keramik akan lebih bersih dan kembali normal.


Pembersihan keramik dengan kaporit

Kaporit sendiri merupakan bahan kimia yang biasanya digunakan sebagai disinfektan air di kolam renang untuk membunuh bakteri dalam air dan menjernihkan air kolam renang. Dengan bahan yang sama bisa dimanfaatkan juga untuk membersihkan keramik dari kotoran. Walaupun keramik kamar mandi anda dari tegel yang kasar dan bercorak namun jika tidak dibersihkan dengan rutin akan membuat tampilan ruang semakin kusam dan tidak nyaman untuk beraktifitas. Caranya : Siram keramik dengan air panas, taburkan bubuk kaporit secara merata pada bagian keramik yang berkerak, diamkan selama 30 menit agar kaporit dapat melakukan pengikisan. Gosok keramik sampai kotorannya luntur, lalu bilas sampai bersih.




Susunan keramik kecil dengan pemasangan yang tanpa sekat memudahkan anda dalam membersihkannya. Selain dengan menggunakan bahan-bahan yang sudah dijelaskan di atas, anda juga bisa membersihkan keramik dengan bahan asan sitrat. Asam sitrat / sitrun merupakan asam organik pada makanan dan minuman ringan yang sekaligus digunakan sebagai zat pembersih yang ramah lingkungan. Caranya yaitu gosok keramik terlebih dahulu dengan batu apung atau larutan air dengan detergen, bilas sampai bersih lalu taburkan asam sitrat pada bagian yang berkerak secara merata. Biarkan asam sitrat itu bekerja, diamkan selama 1 jam setelah itu anda dapat langsung menyikat keramik yang terdapat keraknya dan bilas dengan air hingga bersih. Dengan pembersihan yang rutin di jamin tampilan glossy dan kinclong akan kembali bisa dinikmati dan lebih indah di pandang.


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis  : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber